Ngeblog Itu Capek! Uangnya Receh!

Blogger miskin, jadi blogger, dapat uang dari blog,
freepik.com/drobotdean

Assalaamu 'alaikum....

Entah kenapa seminggu ke belakang ini secara ajaib banyak bertemu tulisan soal pengalaman ngeblog orang. Tentu, pada akhirnya aku langsung mengingat pula pengalaman waktu dulu. Saat menggebu-gebunya mencari recehan di blog.

Memangnya dengan ngeblog bisa menghasilkan? Tentu saja kawan, dari mana saja kau sampai tak tahu itu?

Tapi... Tolong jangan senang dulu, lalu kemudian menutup artikel ini untuk membuat blog. Tenang dulu, sebelum kau merasa jadi manusia menyedihkan sepertiku juga.

Tahap-tahap menjadi blogger sukses nan kaya raya itu paaaanjang sekali prosesnya. Ribet dan bikin sakit hati. Apalagi kalau niatan awal kau memang hanya duit.

Mulai dari memilih Blogspot atau Wordpress atau yang lainnya, membuat blognya, mengatur tampilan supaya blog kau cantik sehingga banyak yang naksir, membeli domain supaya lebih profesional, sampai bersaing dengan jutaan blogger yang kadang sesekali tidak sehat.

Lebih dari itu, recehan yang kau idamkan bisa sampai puluhan juta itu pun tak secepat Thanos melenyapkan setengah populasi makhluk bumi. Diibaratkan uang seratus perak dibagi empat atau bahkan sampai sepuluh.

Itupun kalau kau diterima tuan Adsense yang kaya raya. Kalau tidak? Jangan harap terlalu banyak.

Proses diterima Adsense pun akan selalu jadi pembahasan yang panjang. Sulit juga kawan.

Ya... Walaupun sebetulnya kau masih bisa mencari alternatif lain. Sepertiku, di blog ini. Daftar ke penyedia iklan Adnow sampai jadi Afiliator idcloudhost. Apakah menggiurkan? Tentu tidak.

Aku menautkan keduanya hanya sebatas tabungan semu saja. Siapa tahu kan tiba-tiba blog ini kedatangan tamu spesial. Pengunjung bisa membludak. Iklan pun laris manis (Masih mimpi).

Terus, setelah kau baca tulisan di atas, masih mau dapat uang dari blog?

Eits, tunggu, sebentar lagi saja. Aku tidak mau membuat semangatmu menurun. Aku akan sedikit memberikan tips sekaligus motivasi buatmu.

Meskipun sebetulnya aku masih berada di jajaran blogger gagal, tapi apa salahnya memberi motivasi untuk calon blogger hebat sepertimu.

Beberapa hal yang akan membuatmu sukses dalam bermain blog di antaranya:

1. Konsisten

Menurutku ini hal paling mendasar, bahkan pada bidang lain selain ngeblog. Kekonsistenan akan melahirkan kesuksesan yang perlahan-lahan. Jangan terlalu memikirkan yang lain, apalagi uang.

Hal ini pula yang sejujurnya tidak pernah ku lakukan sejak dulu. Sampai-sampai sudah puluhan blog aku buat, yang ujung-ujungnya tutup akun juga. Jangan dicontoh, apalagi jika kau masih muda.

2. Usahakan kamu memang suka nulis atau mau memulai menyukainya

Yang namanya ngeblog, pasti harus nulis. Maka dari itu, usahakan kamu harus menyukai kegiatan ini terlebih dahulu.

Alasan sederhananya adalah supaya kau tidak terlalu down karena tulisanmu sepi pengunjung atau tak menghasilkan sama sekali.

Hal paling menyakitkan saat menulis di blog sebetulnya bukan karena tidak ada uang, melainkan tidak ada pembaca sama sekali.

Jadi, sangat dianjurkan kamu hobi menulis terlebih dahulu. Jangan sampai salah jalan, sehingga tulisan orang kau sisipkan.

3. Gabung grup blogger, belajarlah sampai paham benar soal mengurus blog

Sebetulnya sejak dulu aku belajar ngeblog itu secara otodidak. Tanpa ada yang mengajarkanku sama sekali.

Tapi justru karena hal itulah aku tidak benar-benar tahu soal mengurus blog yang sebenarnya.

Makannya aku sangat menganjurkanmu untuk bergabung ke grup blogger. Bebas, mau di Facebook, grup Whatsapp, atau forum. Intinya kamu harus rajin-rajin aktif di grup. Mau jadi silent reader kek, mau jadi tukang tanya gan kek, yang penting kau belajar dari sesama blogger. Apalagi di sana banyak mastahnya.

So, hanya 3 saja cukup kukira. Selebihnya, kau cari tahu sendiri. Sembari berjalan, mencari pengalaman.

Simpulan

Ngeblog itu memang capek, bikin sakit hati, buang-buang waktu dan tenaga, tidak menghasilkan jutaan rupiah, untuk kau yang memang niatnya hanya uang sejak awal. Tidak akan ada manfaatnya ngeblog, aku pikir begitu.

Tapi, jika kamu niatnya memang sekedar hobi nulis atau mengisi waktu luang, maka lanjutlah menulis. Menulis itu bisa mengencerkan otak, bisa pula menjadi teman kala sedih. Kalau pada akhirnya keberuntungan itu datang, tulisanmu bisa saja disukai banyak orang. Jangan kaget juga bila recehan datang segudang.
Nandar IR

Calon penulis, menyukai videografi, dan hobi berpikir di kala rebahan. Harus kenal dekat dulu, baru asyik diajak ngobrol. Bukan berarti bersikap dingin, hanya kurang percaya diri memulai obrolan.

2 Komentar

Hai, senang bisa mendapat komentar darimu! 😊

  1. Harus suka menulis itu benar banget, Mas Nandar. Karena kalau memulai sesuatu tanpa perasaan suka, rasanya sulit untuk bertahan ya 😅

    Kalau kata mastah blogger Kak Carra, kalau bisa tujuannya jangan cari uang dulu, jadi mulainya nggak berat atau terpaksa. Biar mengalir aja proses menulisnya. Setelah konsisten, pelan-pelan monetasi, rezeki akan mengikuti. Saya rasa ini benar banget dan bisa dicontoh (:

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, blog-blog saya dulu gagal karena emang niatnya mau cari uang yang tak pernah datang. Tapi syukurlah, sekarang sudah mau berdamai, saya mau menulis saja dulu, tanpa mikirin uang. Walaupun 2 blog saya sudah terpasang adsense, sih. 😅 Tapi sekali lagi, itu cuma tabungan semu.

      Hapus
Lebih baru Lebih lama