Wajah Baru Ruang eNIeR

Ruang eNIeR, kini memiliki wajah baru. Mendesain ulang logo, mengganti warnanya dengan ciri khas yang lebih matang, serta menambah satu keluarga baru. Hanya tinggal template saja, yang memang sudah saya rencanakan untuk diubah juga. Maunya Igniplex buatan mbak Igniel. Semoga saja terwujud secepatnya.

Izinkan saya untuk memperkenalkan beberapa perubahan di Ruang eNIeR, secara lebih jelas. Akan ada sedikit cerita sejarahnya juga. Jadi, mungkin akan sedikit bertele-tele. Mari kita masuk.

1. Logo

Mulai tahun 2009 lalu, saya rajin sekali membuat sebuah logo yang mewakili karakter diri saya. Mulai dari yang bertema prestasi karena saya juara 1 terus, sampai terdapat unsur-unsur Art-nya. Pada akhirnya sebuah nama berhasil saya temukan, secara sedikit kebetulan, eNIeR. Ditambahkan kata Ruang, karena domain dan nama Enier sudah diakuisisi perusahaan luar. Sedih sebetulnya. Tak berlangsung lama, saya buatkanlah logo nama tersebut. Hasilnya, seperti yang terpampang jelas di atas.

Logo tersebut (kiri), bertahan cukup lama dari logo lain yang pernah saya buat. Sejak 2018 sampai akhir Mei kemarin.

Pada bulan Juni awal, setelah sangat puas dengan hasilnya, maka saya putuskan mengganti logo lama dengan yang baru. Tidak terlalu baru sih, hanya beberapa sedikit perubahan. Tapi jangan salah, filosofinya nambah dikit. Seperti, dari yang sebelumnya logo itu hanya bisa dibaca "eNIeR" saja, kini kamu bisa menemukan tulisan "Nandar" pula. Nama asli saya. Kamu bisa menemukannya?

Sedikit info penting, mengenai huruf R yang terlihat lebih dominan dan mudah dibaca orang, dibanding N. Huruf R itu saya jadikan patokan, sebab memang lebih berharga dari N. Inisial nama depan saya. R adalah rasa bangga kepada orang yang telah kerja keras, memperjuangkan anak keempatnya.

Warna logo, juga juga saya modifikasi. Supaya terlihat lebih segar dan sangat sesuai dengan degradasi warna favorit saya, hijau. Beda dengan hijau pada logo lawas. Kalau kamu ngeuh, atau kebetulan pengamat warna profesional, warna di logo jadul merupakan warna hijau campuran biru. Coba saja tes di aplikasi yang memiliki color palette, pasti akan ketahuan hasilnya.

Nah, untuk hijau di logo baru, sudah murni hijau. Lebih tepatnya hijau emerald. Jenis warna yang identik sekali dengan salah satu berlian paling langka dan mahal di dunia. Ya, itu juga sekaligus menjadi filosofi baru buat logonya. Sebuah penghargaan atas diri sendiri. Sebuah harga mahal yang patut diapresiasi.

Untuk warna merah sendiri, tentu kamu sudah mengerti maknanya. Yap, berani! Menjadi orang yang punya cara dan karakter hidup yang berbeda dari orang lain, memang harus memiliki keberanian yang besar dan kokoh.

2. Font

Berbicara font, sejujurnya saya tidak memiliki filosofi apapun di baliknya. Hanya sekadar, "apakah ini cocok, bisa menyatu, enak dilihat, dan free for commercial?" Hanya itu saja.

Saya menggunakan font Playlist Script pada tulisan "Ruang", sedangkan pada "eNIeR" saya menggunakan font Fredoka One. Keduanya cukup sesuai dengan harapan.

3. Maskot

Nah, ini yang saya maksud dengan keluarga baru di Ruang eNIeR. Perkenalkan dia adal...

Halo, teman-teman, kakak, adik, kenalin, aku Ennie. Maskot, keluarga baru di sini! Aku lahir 2 Juni kemarin, tapi umurku tiba-tiba aja udah 7 tahun. Ajaib kan!?
Aku suka menulis dan membaca. Jadi, nanti kita bisa ketemu di sini, belajar bareng. Ditunggu aja ya... Sampai jumpa!

Oke, maaf, dia anak baru. Jangan menyerang dia, karena tiba-tiba saja menyela pembicaraan saya. Dia memang butuh sedikit bimbingan. Haha.

Ennie ini terinspirasi dari burung punai yang memang identik dengan warna hijau. Selain itu, Punai juga termasuk dalam famili merpati. Sehingga selain cocok dengan warna, Punai juga pas bila diidentikan dengan hewan penyampai pesan di era pramodern.

Oh iya, detail kecil yang perlu diketahui, Ennie ini berjenis kelamin perempuan. Memang sih, masih terlihat ambigu mungkin, dari segi tekstur muka dan badannya. Sehingga saya sengaja memasang jepit rambut di kanan atas kepala, supaya jadi identitas bahwa dia memang perempuan. Nanti, sangat mungkin Ennie juga akan mengalami perubahan yang jauh lebih terlihat feminim dan cantik tentunya.

Ennie diatur sebagai perempuan, bukan karena saya mau jadi perempuan. Ia dibuat seperti itu, sebagai penyeimbang saja. Lagipula, dulu saya sempat punya harapan memiliki adik perempuan. Jadi tidak salah jika Ennie adalah karakter yang imut nan cantik. Haha lagi.

Begitulah teman-teman, perubahan cukup signifikan dari Ruang eNIeR. Semoga, selain menambah motivasi saya dalam menulis konsisten di blog, juga memberi kesan menarik untuk para pembaca setia tercinta. Harapan yang tentu saja diinginkan semua blogger di luar sana.

Segitu saja dulu perkenalan wajah baru Ruang eNIeR. Sampai jumpa di konten tulisan selanjutnya. Salam literasi, ayo membaca, ayo menulis, salam blogger Indo.
Nandar IR

Calon penulis, menyukai videografi, dan hobi berpikir di kala rebahan. Harus kenal dekat dulu, baru asyik diajak ngobrol. Bukan berarti bersikap dingin, hanya kurang percaya diri memulai obrolan.

4 Komentar

Hai, senang bisa mendapat komentar darimu! 😊

  1. Saya pernah lihat einer tuh kalau ga salah merk obat buat vertigo hihi.

    Wah lucu sampe ada maskot segala. Saya bikin logo sama banner aja cuma modal dari font aja, itu pun lupa lagi pake font apa, mentahan editannya lupa dinamain apa. Sukses terus buat Ruang Einer!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya koreksi sedikit kak. Bukan einer tapi eNIeR, hehe.
      Dulu juga saya gitu. Lupa sama font yang biasa digunain, tapi biar keliatan rapi dan antisipasi dari hal" yang tidak diduga, jadi saya putusin buat ngingetin fontnya.
      Thanks kak, sukses juga buat kak Arif.

      Hapus
    2. Eh iya maaf typo, harusnya eNIeR.
      Baru sadar pentingnya nyatet detail2 kayak gini, kalau nanti redesign blog sendiri kayaknya kudu dibikin laporan pertanggungjawaban dalam bentuk postingan biar ga lupa.

      Hapus
    3. Iya kak, mulai terbiasa aja dengan hal" detail. Biar keliatan konsisten dan rapi sih.
      Ngomong", blogger juga bukan Kak? Kalau iya nama websitenya apa? Soalnya di profil gak dicantumin.

      Hapus
Lebih baru Lebih lama