Asyiknya Membaca Buku Digital di iPusnas, Gratis!

Aplikasi iPusnas
Foto Original oleh Bongkarn Thanyakij

iPusnas merupakan sebuah aplikasi perpustakaan digital resmi, yang telah dirilis Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas). Asyiknya membaca buku digital memang cukup bisa diakui melalui aplikasi ini. Selain gratis, kamu juga akan mendapat beberapa fitur yang bisa membuatmu berlama-lama membaca di sana. Penasaran? Mari kita masuk!

1. Fitur Media Sosial

Fitur media sosial iPusnas
Aplikasi iPusnas

Sebagai perpustakaan digital, selain hanya membaca buku saja, iPusnas juga dilengkapi dengan fitur media sosial sebagai media interaksi dengan sesama pengguna lain. Kamu bisa saling memberi komentar tentang sebuah buku, saling memberi rekomendasi, dan sebagainya. Kamu juga bisa mendapat teman baru di sana, dengan saling follow. Tapi sepertinya fitur saling mengikuti tersebut agak kurang diminati.


2. Gratis!

Buku iPusnas Gratis
Aplikasi iPusnas

Satu lagi yang kamu wajib tahu, dan pasti kamu senang mendengarnya. Semua koleksi buku di iPusnas bisa kamu pinjam dan baca tanpa biaya, alias gratis. Tidak ada biaya berlangganan, tidak harus membeli bukunya, tidak ada biaya donasi, tidak ada biaya apapun.

Namun mungkin karena gratis, iPusnas hanya menyediakan beberapa stok di setiap koleksi bukunya. Jika stok bukunya habis, kamu perlu mengantri sampai buku tersebut dikembalikan pengguna lain. Kalau bukunya laris, agak sulit untuk mendapatkannya. Kamu harus bersabar dan menunggu antrian. Ini soal keberuntungan juga sih.


3. Bisa Baca Daring (Online) ataupun Luring (Offline)

Baca buku daring di iPusnas
Aplikasi iPusnas

Agaknya membaca buku di iPusnas tetaplah luring, meski kamu berniat ingin membaca buku favoritmu secara daring. Karena sejatinya kamu akan otomatis mengunduh buku pinjaman kamu. Jadi sepertinya tidak berpengaruh, kecuali jika kamu mau berniat mengulasnya setelah mengembalikan buku tersebut.

4. Fitur Saat Membaca atau eReader

eReader iPusnas
Aplikasi iPusnas

Menurut saya, satu hal yang lumayan penting saat membaca buku digital adalah kamu harus merasa sedang membaca buku fisiknya. Dan beberapa fitur tersebut cukup lengkap di iPusnas.

Terdapat pengaturan tampilan yang salah satunya adalah transisi curl. Transisi ini akan memberikan efek lipatan seperti buku saat kamu ingin membuka laman selanjutnya. Sensasi yang cukup membawa kita pada membaca buku fisik biasa. Namun pada beberapa buku, mode ini belum bisa diterapkan.

Selain itu kamu juga bisa menandai halaman yang menurutmu penting atau memang kamu belum tuntas membaca buku pinjamanmu. Jadi, tidak perlu banyak mengingat halaman berapa kamu baru membaca.

5. Fitur Utama atau Fitur Unggulan

Fitur-fitur unggulan ini akan kamu temukan saat kamu membuka aplikasi ini. Yang namanya unggulan, tentu harus berada di beranda utama. Berikut adalah fitur-fitur unggulan iPusnas:

● Koleksi Buku

Koleksi buku di iPusnas
Aplikasi iPusnas

Berbagai jenis buku bisa kamu temukan di sini. Sangat banyak, sampai kamu bingung mau membaca yang mana dulu. Di sana kamu juga bisa memilih beragam kategori. Seperti buku keagamaan, biografi, novel, buku penunjang pembelajaran, dan buku pengetahuan lainnya. Banyak deh pokoknya.

ePustaka

ePustaka iPusnas
Aplikasi iPusnas

Selain itu, berbagai perpustakaan digital dengan beragam buku di dalamnya juga disediakan di iPusnas. Kamu hanya cukup menjadi anggota member mereka, dan kamu bisa meminjam koleksi bukunya.

● Feed

Feed iPusnas
Aplikasi iPusnas

Feed atau bisa kamu lihat sebagai lambang resmi iPusnas, berisi aktivitas terbaru dari iPusnas itu sendiri. Bisa berupa informasi buku terbaru, buku yang dipinjam, hingga komentar tentang sebuah buku.

● Rak Buku

Rak buku iPusnas
Aplikasi iPusnas

Saat kamu meminjam buku, maka buku tersebut akan otomatis disimpan di rak buku. Kamu tidak akan susah mencari buku yang baru atau sempat kamu pinjam di iPusnas.

Itulah beberapa fitur menarik yang bisa kamu temukan di iPusnas. Asyiknya membaca digital benar-benar bisa kamu rasakan. Gratis, beragam buku menarik, dan tampilan yang kekinian. Tunggu apalagi, ayo segera unduh aplikasi iPusnas di Play Store sekarang juga! Saya sertakan tautan unduhannya di bawah ini:

Nandar IR

Calon penulis, menyukai videografi, dan hobi berpikir di kala rebahan. Harus kenal dekat dulu, baru asyik diajak ngobrol. Bukan berarti bersikap dingin, hanya kurang percaya diri memulai obrolan.

Posting Komentar

Hai, senang bisa mendapat komentar darimu! 😊

Lebih baru Lebih lama