Jaringan Lelet! Sabar, Pasti Ada Hikmahnya

jaringan lelet

Tulisan ini akan membahas tentang jaringan lelet. Tentu, terdapat banyak ketidakpentingan bagi pembacanya. Silakan tinggalkan saja jika tidak mau membuang-buang waktu. Tapi jika kekeuh mau baca, saya bisa apa.


Tadi, sekitar pukul setengah tiga, saya sedang asyik bermain game moba online. Yang namanya online, pasti wajib punya jaringan bagus. Kalau bisa sempurna. Agar ping di gim bisa tetap hijau dan tidak patah-patah.


Sialnya, saat itu—saat bermain gim—sinyal saya mendadak merah. Jaringan lelet. Pingnya tidak main-main, hampir 300ms. Akibatnya keasyikan bermain gim jadi terganggu.


Dari ketidakberuntungan itu, datanglah masalah lain yang lebih pelik. Sumpah serapah tertulis dalam kolom chat gim. Memaki-maki, sampai bawa kelamin. Makian di gim daring sudah sangat biasa buat para pemain, termasuk saya. Dan kadang kala saya juga suka memaki juga. Hehe, manusia memang tidak selamanya baik.


Saya sendiri mencoba berasumsi. Mungkin ada pemain yang melakukan cheat terhadap jaringan saya. Mengingat, saya bermain dengan cukup solid dan bisa membantu teman saya. Cheat dalam gim juga sudah biasa terjadi. Maka saya pikir memang jaringan saya sedang diacak lawan.


Untuk mengatasinya, saya aturlah jaringan ke dalam mode pesawat. Karena biasanya cheat itu bisa hilang jika diatur ke mode tersebut. Sayangnya, cara tersebut tidak berhasil. Karakter gim saya masih saja patah-patah, susah bergerak apalagi mengeluarkan skill.


Galaulah saya, marahlah saya. Apalagi beberapa permainan sebelumnya saya sedang sial berurut-turut karena bertemu tim noob. Saya berani bilang itu, karena memang cara bermain saya sudah bagus, dapat medali emas terus. Bahkan beberapa kali MVP.


Selepas kejadian itu, dan pengalaman buruk bertubi-tubi itu, maka saya putuskan menghapus gimnya. Sudah capek dipermainkan situasi. Lelah buang-buang waktu menaikkan peringkat, tapi hasilnya buruk sangat. Payah memang saya ini.


Agar saya lupa dengan kegalauan itu, saya coba buka sosial media saja. Hasilnya sama ternyata, jaringan tetap saja lelet. Saya bahkan tidak bisa membuka beranda. Malah bosan menunggu. Padahal tadinya saya mau sedikit memberi kata mutiara kepada provider yang biasa saya komplain kalau terjadi masalah. Tapi sebab jaringan lelet, saya pada akhirnya tidak jadi melakukan itu.


Membuka YouTube, Whatsapp, Instagram, dan lainnya pun sama saja. Tidak ada yang mau mengerti kekesalan saya.


Sebagai jalan terakhir, agar otak saya kembali segar, saya paksakan membuka blogspot. Menulis segala keluh kesah hari ini, di sini, ditulisan yang tepat sedang kamu baca.


Meski beberapa kali saya tidak masuk blogspot, saya tetap memaksanya. Ini jalan terakhir. Dan ya, semoga tulisan ini sampai pada pembaca sekalian.


Tulisan ini tidak membahas tips maupun trik agar jaringan sinyal pulih kembali. Tapi tulisan ini sengaja saya buat untuk mengingatkan diri sendiri. Bahwa jaringan lelet, ternyata ada hikmahnya buat saya.


Apa hikmah dari jaringan lelet?

Seperti yang sudah saya tulis di atas, saya sempat beradu mulut dengan tim dalam gim yang sedang saya mainkan. Saling memanas-manasi kekalahan. Saya juga sempat mau memberi kata mutiara buat provider yang saya gunakan. Puncaknya saya juga hampir saya berniat melempar gawai saya.

Dari semua itu jelas, dan seharusnya mudah dipahami. Gara-gara jaringan lelet, saya lebih sibuk memperbaiki jaringan ketimbang membalas makian orang satu tim.

Saya juga sadar bahwa saya sudah memfitnah lawan yang dikira curang. Padahal jaringan lelet ini memang disebabkan dari layanannya. Haduh, berdosa sekali saya.

Kemudian, karena terlanjut kesal, gimnya juga langsung dihapus. Sebuah hal positif, karena saya tidak lagi bisa membuang waktu dengan bermain gim terus. Semoga saya tidak gatal, menginstal ulang gimnya suatu saat nanti. Aamiin.

Costumer care dari provider yang saya gunakan juga selamat dari jempol kotor saya. Mau ngetik bagaimana, masuk kolom pesan saja tidak bisa.

Terakhir, sebagai puncak hikmah yang bisa saya dapat dari jaringan lelet, ya di sini. Saya bisa memiliki ide konten buat blog yang masih sepi ini. Menulis keluh kesah yang terjadi hari ini.

Aktif menulis dan bermain kata-kata itu memang jauh lebih menyenangkan buat saya pribadi. Jarang ada kejadian mengesalkan yang membuat otak ini panasnya minta ampun. Paling cuma salah ketik, tiba-tiba tulisan hilang, atau terhapus. Dan buat saya, itu hal sepele. Karena untungnya, saya memiliki sedikit kemahiran buat membuat sebuah kalimat dengan cepat.

Ya sudah, itu saja, mau bahas apalagi? Terima kasih sudah membaca sampai paragraf penutup ini. Semoga yang kurang beruntung, yang sedang mengalami jaringan lelet, bisa mengambil sedikit bahkan banyak hikmah. Seperti yang sedang saya alami ini.
Nandar IR

Calon penulis, menyukai videografi, dan hobi berpikir di kala rebahan. Harus kenal dekat dulu, baru asyik diajak ngobrol. Bukan berarti bersikap dingin, hanya kurang percaya diri memulai obrolan.

Posting Komentar

Hai, senang bisa mendapat komentar darimu! 😊

Lebih baru Lebih lama