Horror Experience: Mak Ihah, Urban Legend di Kampung Sendiri


Hai, bagaimana malammu hari ini? Malam ini saya akan membagikan sebuah horror experience, tentang seorang ibu bernama Mak Ihah yang menjadi urban legend di desa saya sendiri. Sosok ini dikabarkan menghilang misterius, dan tak pernah ditemukan hingga saat ini. Bagaimana cerita lengkapnya? Mari kita masuk!

Dulu, saat saya masih duduk di bangku kelas 8 MTS, sempat ramai cerita tentang hilangnya seorang ibu yang katanya kabur dari rumah. Alasannya bisa dikatakan masuk akal, untuk seorang ibu. Dikatakan bahwa ketika anak gadisnya akan segera menikah, ibu yang diketahui bernama Mak Ihah ini tidak diberitahu sama sekali soal berita bahagia itu. Merasa tidak dihargai sebagai seorang ibu, pada akhirnya ia nekat kabur dari rumah.

Menurut beberapa cerita orang, Mak Ihah kabur ke hutan yang sebenarnya cukup dekat dengan kampung tempat ia tinggal. Karena takut terjadi apa-apa, dicarilah Mak Ihah ke hutan tersebut. Penelusuran ke berbagai pelosok hutan, tak membuahkan hasil. Mak Ihah menghilang tanpa jejak, dan tak pernah ditemukan hingga saat tulisan ini dibuat. Ya, cerita ini memang benar-benar nyata.

Selepas itu, beberapa spekulasipun mencuat. Banyak yang menganggap bahwa Mak Ihah bunuh diri di suatu tempat lantaran depresi sebab tidak diakui. Beberapa orang lagi berpendapat bahwa Mak Ihah hilang, dan masuk ke suatu tempat yang dipercaya gaib.

Hingga sekarang, cerita tersebut masih menjadi misteri yang cukup menyeramkan di desa yang akan saya beri inisial S saja itu. Sebetulnya saya kurang begitu yakin soal kebenaran cerita tersebut. Namun, karena pada kenyataannya dulu memang sempat ada kabar tentang hilangnya ibu tersebut, saya cukup bergidik ketika mendengar cerita yang menyebar dari mulut ke mulut.

Bertemu Mak Ihah di hutan

Karena kemisteriusan sosok tersebut, beberapa orang kemudian mengakui bahwa mereka pernah bertemu sosok Mak Ihah di hutan. Ada yang bertemu Mak Ihah dalam keadaan melayang, ada pula yang dalam keadaan tidur di saung kecil. Ada yang bertemu di hutan tepat hilangnya Mak Ihah, ada pula di hutan lain yang cukup jauh dari sana. Sekedar info saja, desa saya memang masih dikelilingi hutan-hutan dan pesawahan. Kesan angker memang tidak asing di tempat-tempat itu.

Salah satu cerita yang lumayan segar, terjadi di tahun lalu. Seorang bapak di kampung sebelah, pernah mendapati Mak Ihah tidur dengan memakai kain putih. Bapak tersebut berada di hutan yang jauh dari tempat hilangnya Mak Ihah. Pada awalnya bapak tersebut tak begitu peduli soal siapa sosok itu. Dengan berani ia mendatangi sosok itu, dengan maksud untuk membangunkannya. Hari akan semakin gelap, ia mungkin tidak tega membiarkan ibu itu tertidur di sana sampai malam.

Setelah lumayan dekat dengan sosok ibu tersebut, alangkah kagetnya ia. Sosok yang dikira manusia biasa itu, tiba-tiba saja melayang dan pergi. Sontak si bapak kaget dan buru-buru pergi dari tempat sunyi itu.

Pengalaman horor si bapak, kemudian menyebar ke beberapa orang hingga kampung lain di desa tersebut. Kebetulan, di kampung saya waktu itu sedang terjadi pemadaman listrik yang cukup lama. Sehingga cerita tersebut semakin menyeramkan untuk didengar. Sebagai manusia biasa, saya tentu dibuat ketakutan dengan cerita tersebut. Namun untungnya saya tidak terlalu memercayainya seratus persen. Saya hanya suka menikmati sensasi takut yang jarang lagi saya rasakan. Malam itu sensasi merinding benar-benar cukup menghibur gelapnya perkampungan.

Urban legend asli di desa tempat tinggal saya ini, memang menarik dan layak dibagikan sebagai konten horor di blog ini. Semoga kamu cukup menikmati cerita singkat ini. Walaupun begitu, kamu harus ingat bahwa ini hanyalah sebuah cerita yang kemungkinan benar-benar terjadinya cukup kecil. Anggap saja cerita ini hanya sebagai bacaan dikala malam, sebagai sarana hiburan semata. Hiburan yang membangkitkan hormon dopamin dan serotonin (CMIIW).

So, bagaimana menurutmu? Apakah kamu dibuat merinding dengan kisah hilangnya Mak Ihah ini? Apakah Mak Ihah kabur dan bunuh diri, atau diambil ke tempat gaib yang tidak pernah diketahui? Semuanya masih dalam misteri. Tanpa mengurangi rasa hormat, semoga beliau selalu berada dalam lindungan dan dalam surga-Nya. Aamiin 

Itulah kisah urban legend di desa sendiri, tentang sosok Mak Ihah. Mudah-mudahan kamu suka dan menghibur malammu. Konten horror experience ini mungkin akan memiliki beberapa episode, sesuai stok yang ada saja. Jadi, sampai jumpa di kengerian lainnya, di konten Histeria.
Nandar IR

Calon penulis, menyukai videografi, dan hobi berpikir di kala rebahan. Harus kenal dekat dulu, baru asyik diajak ngobrol. Bukan berarti bersikap dingin, hanya kurang percaya diri memulai obrolan.

2 Komentar

Hai, senang bisa mendapat komentar darimu! 😊

  1. Wuaa menyesal baca ini malem2 😭😭 Baca awalnya krna penasaran, trus lanjut baca sampe akhir. Huhu..

    Jd sampe skrng Mak Inah ga tau hilang kemana ya. Malah yg di hutan sering liat sosok Mak Inah. Merinding 😣😣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Ihah Kak, bukan Mak InahπŸ˜….
      Iya masih hilang tanpa jejak kak. Pas ketemu, malaj tiba" terbang.

      Hapus
Lebih baru Lebih lama