Begini Cara Mencari Sumber Belajar yang Tepat dan Benar di Google

cara mencari sumber belajar di google

Di era serba digital ini, para pelajar sangat dimudahkan dengan adanya internet, khususnya pencarian Google. Searching di Google, sudah menjadi istilah baru bagi para pelajar masa kini. Mereka, akan lebih senang mencari sumber belajar dari internet alih-alih di buku pelajaran.

Selain lebih mudah, searching di Google juga memiliki sensasi yang jauh lebih menyenangkan. Main HP, bisa sambil belajar. Hal ini sudah tidak bisa lagi dicegah. Kalaupun dicegah, para pelajar malah bisa resah. Bingung dengan sumber buku yang memang isinya hanya segitu saja. Tidak ada penjelasan lebih, tidak seperti di internet tentunya.

Namun seperti dua mata pisau, mencari sumber di Google sering kali masuk ke situs yang salah juga. Sumbernya tidak jelas, pematerinya juga tidak tahu siapa. Biasanya, pelajar sering mendapati sumber yang website-nya memiliki alamat domain berakhiran .blogspot.com. Yang berarti ilmunya kurang valid, kurang benar jika dijadikan sumber belajar.

Lalu, bagaimanakah cara yang tepat untuk mendapatkan sumber belajar di Google? Saya akan memberi sedikit ilmunya, sesuai dengan apa yang saya dapatkan di salah satu seminar kecil-kecilan di kampus. Cara ini dijamin sah, dan langsung diarahkan ke website pemerintah.

1. Tambahkan kode "site:.go.id" di kotak pencarian Google

Tahukah kamu, domain .go.id merupakan domain yang dikhususkan untuk website kepemerintahan saja. Jadi jelas, jika kamu menambahkan kode di atas, kamu akan diarahkan pada sumber belajar yang langsung dari pemerintah kita. Lalu, bagaimana langkah lebih jelasnya?

Begini, misal kamu ingin mencari tentang teks deskripsi. Nah, dalam kolom atau kotak pencarian Google, kamu tinggal ketik: "teks deskripsi" yang kemudian ditambah kode "site:.go.id" setelahnya.

Jika digabungkan, maka akan menjadi: "teks deskripsi site:.go.id" (tanpa tanda kutip, ya!) Kalau masih bingung, perhatikan saja gambar di bawah ini:
Selepas itu, kamu klik cari dan beginilah hasilnya:

mencari sumber belajar

mencari sumber belajar yang benar

Coba kamu perhatikan, tidak ada situs yang berakhiran .blogspot.com lagi, bukan? Semuanya pasti berakhiran .go.id. Artinya kamu bisa mendapat sumber belajar yang tepat. Kalaupun mau dicantumkan di daftar pustaka artikelmu, kamu bisa kok, mengambil sumbernya. Bahkan bisa pamer ke teman-temanmu, "nih, sumbernya jelas dari website pemerintah!"

Tapi ingat, kalau temanmu bertanya cara-caranya, jangan lupa beri tahu. Jangan pelit ilmu. Apalagi jika kamu nyuruh baca di sini, makin bahagia pasti. Hihi...

Oh iya, kamu bisa menggunakan cara ini pada selain teks deskripsi juga, lho. Misal tentang puisi, musikalisasi puisi, cerpen, dan sebagainya.

2. Mau mencari sumber belajar di salah satu website pendidikan lain? Bisa kok!

Selain website pemerintah, sebenarnya ada juga website yang berfokus pada pendidikan secara khusus. Seperti ruangguru.com, quipper.com, zenius.net, dan sebagainya. Namun, kamu harus bisa memilah mana sumber belajar yang bagus, mana yang hanya asal-asalan. Tiga contoh website di atas sebetulnya sudah cukup kok, buat jadi sumber belajar kamu.

Lalu bagaimana agar saat kita searcing di Google, munculnya hanya website tertentu saja? Caranya mudah!

Kamu tinggal mengubah kode di poin nomor 1 di atas. Hapus tulisan ".go.id", kemudian ubah menjadi "site:websitefavoritmu.com". Misal, kamu ingin mencari sumber belajar di ruangguru.com saja. Kamu hanya perlu mengubah kodenya menjadi "site:ruangguru.com"

Masih bingung? Perhatikan gambar di bawah ini kalau begitu.

Inilah hasil yang bisa kamu dapatkan!

Google akan langsung menyortir sumber belajar kamu, mengarahkannya pada website ruangguru.com saja. Tidak ada website lain yang ikutan nimbrung, full ruangguru.com. Mantap!

3. Mau nyari file .doc atau .pdf-nya? Tinggal tambahkan kode "filetype:doc/pdf"

Jika belum puas dengan hanya membaca di website saja, atau kamu mau hemat kuota, kamu bisa mengunduh file doc atau pdf-nya juga. Tinggal tambahkan kode "filetype:doc" untuk mengunduh file doc atau "filetype:pdf" kalau mau men-download file pdf. Ingat, jangan memakai tanda kutip ataupun titik.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini saja:


Dan... Lihatlah hasilnya!

sumber belajar pdf

sumber belajar doc

Semua situs, akan menampilkan tulisan pdf atau doc di akhir judul. Ketika kamu mengklik salah satu situsnya, file akan langsung di-download secara otomatis. Keren, kan? Tentu saja keren!

So, itulah beberapa cara mudah mencari sumber belajar yang tepat dan benar. Selain berasal dari sumber terpercaya, ilmu dan penjelasan yang kamu dapat berasal dari guru yang juga terpercaya.

Selamat belajar, dan jangan lagi ragu mencari sumber belajar dari internet, khususnya Google. Asalkan kamu tahu tata caranya, mencari sumber belajar di internet bisa lebih mengasyikan tanpa ada keraguan.
Nandar IR

Calon penulis, menyukai videografi, dan hobi berpikir di kala rebahan. Harus kenal dekat dulu, baru asyik diajak ngobrol. Bukan berarti bersikap dingin, hanya kurang percaya diri memulai obrolan.

2 Komentar

Hai, senang bisa mendapat komentar darimu! 😊

  1. benar juga ya, kalau langsung tepat sasaran cari yang di keyword webnya mengarah ke situs yang kredible maka akan munculnya langsung referensi yang dicari. Akan lebih menghemat waktu dalam pencarian.

    trims untuk tutorialnya kak nandar 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, harus dibiasakan cari sumber yang betul-betul bisa dipercaya kekredibilitasannya. Apalagi di kampus, kalau ngasal suka dimarahi dosen. 😂

      Hapus
Lebih baru Lebih lama