h2amzOiq2Tn9rmGhajOa165fMKwBqbFxQjYwl3bC

Cara Nonton TV Luar Negeri di TV Tabung dengan Set Top Box, Berasa SmartTV!

Sudah tahu belum? Set top box yang kamu beli untuk menonton siaran televisi digital di TV tabung, ternyata memiliki banyak sekali fitur yang sangat menarik. Salah satunya, kamu bisa nonton TV luar negeri lho! Hanya bermodalkan STB DVB-T2 yang kamu beli. Serius?! Gimana caranya?

Pada dasarnya, tutorial ini hanya memanfaatkan sebuah layanan bernama IPTV (Internet Protocol Television) atau televisi protokol internet.

    Apa itu IPTV?

    Secara sederhana, IPTV merupakan penyiaran stasiun televisi yang menggunakan jaringan protokol internet, sebagai penghantarnya. Berbeda dengan siaran televisi analog, atau bahkan siaran digital sekalipun. Penyiaran ini tidak membutuhkan jaringan terestrial, kabel, maupun satelit. Kamu hanya perlu memiliki jaringan internet yang memadai, agar pengalaman menontonmu tidak terganggu sinyal lag. (Dari berbagai sumber).

    Itu artinya, tips ini sangat bisa dilakukan, di berbagai gadget canggih yang kamu punya. Seperti di laptop, atau bahkan di ponsel pintarmu.

    Namun kali ini, saya hanya akan membahas cara menyiarkan IPTV di TV tabung, menggunakan set top box DVB-T2 saja. Berhubung, alat yang satu ini semakin gencar disosialisasikan oleh pemerintah.

    Apakah set top box bisa menangkap siaran luar negeri ?

    Apakah set top box bisa menangkap siaran luar negeri? Jawabannya, tentu saja bisa.

    Seperti yang saya sebutkan di atas, bahwa cara menangkap siaran luar negeri bisa dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas IPTV di set top box kamu.

    Kamu juga perlu memiliki internet yang bagus karena untuk menangkap siaran TV luar negeri, belum bisa ditangkap secara manual oleh antena televisi.

    Lalu, bagaimana cara menangkap siaran luar negeri di set top box? Di bawah ini saya akan menjelaskan beberapa bahan dan langkah yang kamu perlukan.

    Bagaimana cara menggunakan IPTV di Set Top Box?

    Sebagai catatan, tutorial ini saya lakukan di STB Apple Matrix Warna merah. Mungkin ada sedikit perbedaan pengaturan, untuk STB merk lain. Tapi sepertinya tujuannya tetap sama.

    Dan kabar baiknya, cara menangkap siaran tv luar negeri gratis tanpa ada biaya langganan sama sekali. Kecuali kamu hanya membutuhkan jaringan internet untuk menangkap sinyal. Karena sejauh ini, antena TV belum bisa sampai menangkap siaran luar negeri.

    Sebelum mempraktekan langkah-langkahnya, ada beberapa bahan yang sangat perlu dimiliki terlebih dahulu, yaitu:

    1. Televisi tabung, tentu saja
    2. Set top box atau STB DVB-T2
    3. Dongle 7601 (bisa dibeli di sini: Di sini) atau kabel data ori bawaan HP (demi menghindari terjadinya error)
    4. Internet yang memadai
    5. Aplikasi MeeCast TV
    6. Link atau tautan penyiaran IPTV luar negeri

    Semua bahan yang tertera di atas, saya rasa sangat mudah didapatkan, untuk kamu yang ingin menikmati siaran televisi luar negeri.

    Baik, jika semua bahan-bahan di atas sudah didapatkan, mari kita langsung eksekusi saja.

    1. Sambungkan TV tabung dengan set top box atau STB

    Untuk langkah yang satu ini, sepertinya tak perlu dibahas panjang lebar. Kamu hanya cukup menyambungkan TV tabung dan set top box, dengan menggunakan kabel RCA atau HDMI, yang harusnya sudah satu paket, ketika kamu membeli STB DVB-T2.

    Jangan lupa, alihkan TV tabung, ke mode AV1. Sekadar mengingatkan saja, takutnya pada lupa.

    2. Hubungkan jaringan hotspot ponsel, ke WIFi Set Top Box

    Setelah set top box sudah menyala, saatnya kamu menghubungkan jaringan internet WiFi-nya. Caranya, klik tombol menu di remote set top box, kemudian klik bagian menu atau ikon "WiFi". Jika sudah, maka akan muncul jaringan WiFi yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

    Untuk bisa terkoneksi ke jaringan hotspot HP kamu, gunakan dongle 7601. Jika dirasa belum memiliki budget yang cukup, dapat juga menggunakan USB ori bawaan HP. Disarankan kabel data original ya, agar tidak terjadi error.

    Perbedaan yang mencolok dari memakai dongle dan USB adalah kepraktisannya. Memakai dongle jauh lebih simple dan ponsel bisa dibawa-bawa pada jarak yang cukup jauh. Beda dengan memakai kabel data, USB harus terus terpasang pada HP dan set top box. Mending kalau kabel milikmu sampai 5 meter lebih, kalau seuprit?

    Jika sudah memasang dongle atau USB, buka menu pengaturan hotspot di hp androidmu. Pada kasus ini, saya menggunakan ponsel ASUS Zenfone 3 Max sebagai contoh.


    2.1. Cara menghubungkan Set Top Box ke hotspot HP melalui dongle 7601

    menghubungkan hotspot ke set top box

    Untuk menghubungkan Set Top Box ke hotspot HP melalui dongle 7601, hubungkan dongle ke STB. Lalu buka setelan hotspot, kemudian hidupkan hotspot WiFi portable.

    Jika sudah, masuk ke menu pada set top box, lalu klik ikon WiFi. Nanti akan muncul satu atau beberapa jaringan hotspot. Silakan pilih jaringan hotspot yang sesuai dengan nama jaringan internet yang kamu miliki. Tekan tombol oke di remote STB milikmu, dan klik simpan. Jika langkahnya benar, seharusnya STB sudah terkoneksi dengan baik.


    2.2. Cara menghubungkan Set Top Box ke hotspot HP melalui USB bawaan atau Ori

    Untuk cara yang satu ini, bisa dikatakan lebih simple. Cukup menghubungkan kabel data USB ke ponsel, setelah itu aktifkan penambatan USB pada setelan hotspot di HP milikmu. Maka jaringan internet sudah siap terhubung. Gampang sekali bukan?

    Pastikan menggunakan jaringan internet hotspot di ponselmu, agar aplikasi MeeCast TV di ponselmu, bisa terhubung ke set top box.

    3. Masukan link URL IPTV di MeeCast TV

    Buka aplikasi MeeCast TV, klik ikon bola dunia di bagian bawah. Di sana, terdapat berbagai macam menu yang bisa dipilih. Seperti YouTube, Facebook, TikTok, dan masih banyak lagi. Scroll menu ke bawah, hingga bertemu menu M3U-STB. Jika sudah, klik menu tersebut.

    Pada menu M3U-STB, klik tanda (+) di bagian kanan atas. Nah, di sana kamu disuruh untuk memasukkan nama dan URL IPTV-nya.

    Buka browser andalanmu, seperti Chrome, UC Browser, Mozilla, atau yang lainnya. Di bagian URL, kamu bisa klik link atau tautan IPTV pada sumber berikut: https://github.com/iptv-org/iptv. Klik link tersebut, scroll ke bawah sampai kamu menemukan bagian playlist.

    Terdapat beberapa playlist yang bisa kamu pilih. Namun, agar sesuai dengan konteks judul, saya akan memilih Grouped by country saja. Untuk negaranya, tentu saja yang paling populer, ialah Amerika Serikat. Karena website-nya berbahasa Inggris, maka tampilannya adalah United States, bukan Amerika Serikat.

    Salin link URL IPTV United States, di bagian kanan. Ingat! Salin link-nya secara utuh, sampai pada akhiran .m3u.

    Kembali lagi ke aplikasi MeeCast TV. Paste atau tempel URL IPTV tadi di kolom URL. Untuk kolom nama, kamu bisa menamainya sesukamu. Agar tidak bingung nantinya, sebaiknya gunakan nama negara saja. Setelah selesai, klik saja oke.

    Jangan lupa simpan hasilnya, agar URL IPTV tadi bisa muncul di layar televisi. Klik ikon disk di bagian paling pojok atas untuk menyimpannya.

    Untuk menambahkan siaran tv digital luar negeri lain, langkah-langkahnya tetap sama. Silakan masukkan berbagai salurannya sesuka hati. Cari yang tayangannya positif saja ya.

    Tautan yang saya bagikan di atas juga sewaktu-waktu bisa berubah atau bahkan mungkin hilang. Sehingga saya tidak bisa memastikan apakah tutorial ini masih berfungsi atau tidak. Namun tenang saja, saya akan terus meng-update link-nya jika memang sudah menemukan yang baru lagi.

    4. Channel luar negeri, sudah siap dinikmati

    Untuk menikmati layanan IPTV, kamu hanya tinggal menekan tombol menu di remote set top box. Klik menu atau tulisan APP, kemudian klik IPTV. Di sana akan terdapat beberapa nama yang mengarah ke saluran TV berjaringan internet. Kamu hanya tinggal mengeklik nama IPTV yang sudah kamu buat tadi.

    Kamu akan menemukan beberapa kategori seperti film, religious, musik, hiburan, dan sebagainya. Beberapa kategori akan berbeda, sesuai dengan URL IPTV yang kamu pilih. Klik saluran TV sesuai keinginanmu, dan selamat menikmati tv luar negeri di TV analogmu.

    Mudah sekali bukan? Bagi yang masih merasa bingung dengan cara menonton TV luar negeri di set top box ini, kamu bisa bertanya di kolom komentar. Saya akan sangat senang menjawabnya. Manfaatkan layanan tersebut dengan bijak. Apabila terdapat penyalahgunaan yang mengarah pada aksi kurang baik, saya tidak memiliki tanggung jawab. If you know what i mean. Terima kasih, dan sampai jumpa di tips dan trik yang lainnya.

    Dukung Via SAWERIA Jika artikelnya dirasa bermanfaat, kamu bisa traktir saya dengan mengeklik lambang hati di sebelah kiri. Semaunya saja, gak maksa. Semua traktiran, akan digunakan untuk kemajuan blogwww.nandarir.com. Terima kasih.
    Baca Juga
    Nandar IR
    Calon penulis, menyukai videografi, dan hobi berpikir di kala rebahan. Harus kenal dekat dulu, baru asyik diajak ngobrol. Bukan berarti bersikap dingin, hanya kurang percaya diri memulai obrolan.

    Mungkin Kamu Suka

    1 komentar

    Hai! senang bisa mendapat komentar darimu. 😊
    Sok, kasih kritik maupun saranmu buat blog ini. Jangan nanggung, hajar aja!