h2amzOiq2Tn9rmGhajOa165fMKwBqbFxQjYwl3bC

Contoh Kata Sandi Sosmed yang Kuat dan Aman dari Pembajakan!

Terinspirasi dari beberapa keluhan orang-orang ke rumah saya, tentang sosmednya yang sering banget terkena hack, kali ini saya akan berbagi sedikit tutorial cara membuat contoh kata sandi yang aman dari hack atau pembajakan. Kata sandi ini memang sering sekali diabaikan para pengguna sosmed, terutama buat mereka yang memang tidak terlalu mudeng soal dunia internet. Yang penting ikut hype, bisa pamer kehidupan pribadi, tanpa tahu apakah sosial media mereka aman dari pembajakan atau tidak.

Contoh cara membuat kata sandi yang aman ini cukup sederhana, jika kamu bisa menyimaknya dengan baik. Jadi, pahami baik-baik ya!

    Jangan Menggunakan Kata Sandi yang Mudah Ditebak

    Menggunakan kata sandi yang mudah ditebak, akan sangat rentan membuat akun sosial mediamu terkena pembajakan. Bahkan seorang amatiran pun bisa dengan mudah masuk tanpa harus memiliki skill hacking.

    Contoh kata sandi yang mudah sekali ditebak beberapa di antaranya seperti nama alias atau nama panggilan, nama idola, hewan peliharaan, nama gebetan, tanggal lahir, dan sebagainya. Inilah celah yang biasa digunakan orang-orang awam untuk iseng membajak akun sosmed orang.

    Hayo, siapa yang suka bikin kata sandi pake tanggal lahir? Cepetan ganti, sebelum menyesal!

    Buatlah Kata Sandi Alfanumerik

    Bagi yang belum tahu, menurut KBBI,  alfanumerik adalah rangkaian aksara yang dapat terdiri atas huruf, angka, tanda baca, atau lambang matematika.

    Nah, ketika kamu ingin membuat akun sosial media, sangat direkomendasikan untuk membuat kata sandi alfanumerik. Buatlah sedikitnya 8 karakter dengan mengkombinasikan huruf, angka, tanda baca, dan simbol. Hal ini akan lebih membuat akunmu aman, ketimbang hanya menggunakan huruf atau tanggal lahir saja.

    Contoh kata sandi campuran huruf dan angka, di antaranya:

    • nAndAR007
    • n4Nda12
    • D3aL0v4
    • JuM1Nt3n

    Contoh kata sandi nama tersebut cukup aman, dan masih bisa kamu ingat jika suatu saat tiba-tiba lupa. Namun, jika memungkinkan, buatlah kombinasi huruf dan angka secara acak. Misalnya:

    • bNc29gF5j
    • J5fd8Kb5
    • 3dFHoY4K
    • 56uUd98

    Jika contoh kata sandi tersebut dirasa masih belum cukup kuat, maka sisipkanlah simbol atau karakter khusus di dalam kata sandi sosmedmu. Bisa secara acak, atau menyusunnya supaya mudah dibaca agar tidak lupa. Kata sandi huruf angka dan simbol, contohnya:

    1. nAnd@R007?
    2. D3@l0v^
    3. 1nd0Ne$!Y@
    4. Lk!27Gm#JsB54%
    5. I%t#MbWn!@5Sb
    6. $bCrY3kM%!L8h

    Tapi, tidak semua akun di internet bisa menggunakan kombinasi karakter khusus atau simbol. Ada juga website yang hanya mewajibkan penggunanya, membuat kata sandi berdasarkan campuran huruf dan angka saja.

    Contoh kata sandi Moonton. Ketika kamu ingin menautkan akun Mobile Legends dengan akun Moonton, kata sandi yang diwajibkan hanya huruf dan angka saja.

    Intinya, buatlah kata sandi yang aman sesuai dengan rekomendasi website-nya. Walaupun memaksa menggunakan kata sandi campuran huruf, angka, dan karakter khusus, maka pasti akan ditolak.

    Manfaatkan Saran Sandi yang Kuat dari Google Chrome

    Jika kamu merasa bingung, ribet, dan takut malah lupa kata sandi, maka manfaatkanlah fitur sarankan sandi yang kuat dari Google Chrome. Fitur ini akan otomatis membuat kata sandi yang hampir sulit dilacak oleh para hacker. Ingat ya! hampir sulit dilacak, bukan 100% aman.

    Untuk mendapatkan saran sandi yang kuat, kamu cukup mendaftar akun yang ingin kamu buat dengan aplikasi Google Chrome. Pada saat akan mendaftar dan mengisi kolom kata sandi, maka Chrome akan secara otomatis memunculkan tombol "Sarankan sandi yang kuat". Lihatlah gambar contoh kata sandi jobstreet di bawah ini, jika belum mengerti.

    Tinggal klik sarankan sandi yang kuat, gunakan sandi, dan selesai. Kata sandi yang kamu buat berdasarkan saran Google, akan secara otomatis tersimpan di akun gmail-mu. Jadi, tidak perlu repot-repot menulis ulang kombinasi sandi rumit tersebut secara manual, ketika ingin masuk akun sosial media. Biarkan A.I. yang bekerja.

    Simpan sandi di perangkat dan akun gmail-mu

    Setelah membuat kata sandi yang aman dan kuat, langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menyimpan password di perangkat dan akun gmail milikmu. Hal ini dilakukan supaya kamu tidak pusing jika suatu saat nanti tiba-tiba lupa sandi akun.

    Tapi, jika ingatanmu sangat-sangat bagus dan jenius, maka kamu tidak perlu menyimpannya di ponsel maupun akun gmail. Menulisnya di buku pribadi juga sah-sah saja, kok. Tips ini hanya ditujukan untuk kamu yang ingatannya kurang, tidak mau ribet, dan cukup cekatan menyimpan ponsel dengan aman.

    Itulah tips dan cara membuat contoh kata sandi yang aman dan kuat, yang bisa kamu praktekkan. Ingat! Jangan pernah menyepelekan sandi akun sosmedmu, atau kamu akan menyesal nantinya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

    Dukung Via SAWERIA Jika artikelnya dirasa bermanfaat, kamu bisa traktir saya dengan mengeklik lambang hati di sebelah kiri. Semaunya saja, gak maksa. Semua traktiran, akan digunakan untuk kemajuan blogwww.nandarir.com. Terima kasih.
    Baca Juga
    Nandar IR
    Calon penulis, menyukai videografi, dan hobi berpikir di kala rebahan. Harus kenal dekat dulu, baru asyik diajak ngobrol. Bukan berarti bersikap dingin, hanya kurang percaya diri memulai obrolan.

    Mungkin Kamu Suka

    Posting Komentar