h2amzOiq2Tn9rmGhajOa165fMKwBqbFxQjYwl3bC

Cara Mengaktifkan Mode Profesional di Profil Facebook

professional mode facebook
Cara mengaktifkan mode profesional di profil Facebook — Berawal dari menjelajah profil Facebook-nya Bang Tere Liye dan Om Deddy Corbuzier, saya kemudian bertanya pada diri sendiri, kok tampilannya beda ya?

Karena penasaran, saya cobalah searching di Google. Ternyata, mereka menggunakan halaman tampilan baru, bukan tampilan klasik biasa. Sehingga, terlihat lebih simple dan mudah dijelajahi para pengikutnya.

Seiring mencari cara mengubah tampilan halaman Facebook ke mode baru, saya juga menemukan bahwa ternyata bukan halaman Facebook saja yang bisa mendapatkan fasilitas tersebut. Profil biasa pun bisa.

Namun, untuk mendapatkan tampilan seperti halaman baru, akun profil Facebook-mu harus sudah memiliki fitur bernama Mode Profesional. Inilah yang akan kita bahas pada kesempatan ini.


    Bagaimana cara mengaktifkan mode profesional di profil Facebook?

    professional mode on facebook
    Oh iya, tutorial ini saya lakukan di aplikasi Facebook untuk Android ya. Takutnya cara ini bisa sedikit beda dengan versi desktopnya. Jadi, silakan siapkan ponsel milikmu.

    Pertama, tentu saja login atau masuk ke akun profil Facebook yang ingin kamu ubah jadi mode profesional. Jangan salah akun, sebab di beberapa kasus, akun tersebut dapat tidak bisa menonaktifkan mode profesionalnya, alias permanen. Padahal sebetulnya bisa dinonaktifkan ke mode profil biasa. Berdasarkan pengalaman teman saya.

    Jika sudah, masuk ke profil Facebook milikmu dengan mengeklik foto profil kamu. Kemudian, klik ikon 3 titik horizontal (●●●) di sebelah kanan. Lihat petunjuk gambar di bawah ini!

    professional mode facebooksetelah mengeklik ikon tersebut, kamu akan melihat beberapa fitur, salah satunya mode profesional. Jika ternyata tidak ada, maka mohon maaf, kamu mungkin kurang beruntung. Karena memang mode profesional Facebook ini masih belum bisa dinikmati semua pengguna.

    Tapi tenang, saya akan memberikan sedikit tips supaya kamu bisa mendapatkan fitur mode profesional tersebut di bawah (lihat daftar isi).

    Jika mode profesional di profil Facebook kamu sudah muncul, langkah selanjutnya adalah mengeklik aktifkan mode profesional.

    Setelah itu kamu akan diarahkan ke tampilan seperti di bawah ini.

    professional mode on facebookKlik aktifkan, kemudian pilih kategori profil. Carilah kategori profil yang sesuai dengan fashion kamu. Misal saya memilih kategori Blogger, karena itulah aktivitas utama atau fashion saya sekarang.

    Klik SIMPAN, lalu pilih SELESAI. Selamat, akun profilmu sekarang sudah memiliki tampilan Facebook mode profesional.


    Tips Mendapatkan Fitur Mode Profesional Facebook

    Belum ada syarat tertulis bagaimana agar mode profesional Facebook bisa muncul. Bisa jadi, Facebook memilih secara random, akun profil mana saja yang bisa menikmati fitur tersebut.

    Tips yang akan saya bagikan merupakan pengalaman saya pribadi, ketika tidak mendapatkan fitur mode profesional Facebook. Berhasil tidaknya, semua tergantung Om Mark Zuckerberg.

    1. Ubah tautan profil Facebook

    aktifkan mode profesional
    Coba kamu lihat tautan Facebook profil milikmu. Apakah seperti yang di sebelah kiri, atau kanan? Menurutmu, link atau tautan mana yang terlihat lebih profesional ketika dilihat? Tentu saja yang kanan.

    Maka hal ini saya lakukan karena siapa tahu, jika tautan profil saya terlihat lebih profesional, mungkin Facebook bisa berbaik hati memberikan mode tersebut.

    2. Tambahkan pertemanan sebanyak mungkin

    Di beberapa artikel dengan materi pembahasan yang sama, sering sekali saya mendapatkan cara yang satu ini. Menambahkan sebanyak mungkin teman, bahkan kalau sanggup, mentok sampai 5000 teman. Karena seperti yang diketahui umum, batas teman di Facebook memang sampai lima ribu saja.

    Secara logika, hal ini memang masuk akal. Karena artinya semakin banyak teman, maka semakin banyak pula koneksi. Bisa jadi, setelah akun profilmu mentok, Facebook akan langsung memberikan fitur mode profesional, agar kamu bisa mendapatkan teman tanpa batas.

    Apakah trik ini mutlak? Berkaca dari yang saya alami, hal semacam ini tidak terlalu berpengaruh juga, sih. Akun Facebook saya justru hanya memiliki kurang dari 500 teman, dan saya tetap bisa mendapatkan Facebook mode profesional.

    Tapi, menambah banyak teman juga tidak masalah, tetap gas aja. Sebab ketika nanti kamu mendapatkan fitur mode profesional, teman yang kamu tambahkan akan otomatis jadi pengikut.

    3. Isi info publik selengkap mungkin

    Maksud info publik di sini adalah data-data yang umum dibagikan dan bisa terlihat secara publik. Misal akun sosial media lain, website atau blog pribadi (jika ada), email (opsional), dan sebagainya.

    Kembali lagi berpikir secara logika. Sesuai namanya "mode profesional", bisa diartikan bahwa Facebook kita haruslah memiliki info lebih profesional. Rasa-rasanya Facebook akan berpikir dua kali memberikan fitur tersebut kepada akun profil yang isinya kosong. Itu hanya sekadar opini pribadi, bisa saja salah.

    4. Minta ke Facebook

    professional mode on facebook profile
    Nah, inilah yang saya lakukan sebelum bisa mengaktifkan mode profesional di akun Facebook saya. Yaitu dengan meminta langsung melalui menu Laporkan masalah yang disediakan Facebook.

    Caranya, klik ikon burger (garis 3 di sebelah kanan atas layar), scroll ke bawah sampai menemukan menu Laporkan masalah. Klik menu tersebut.

    Pada opsi pilih produk, scroll kembali ke bawah hingga menemukan Profil. Klik menu profil, dan buatlah laporan yang ingin kamu buat ke pihak Facebook.

    Contoh kalimatnya bisa seperti ini:

    Untuk Facebook,

    Saya melihat bahwa fitur Mode Profesional yang diluncurkan, sangat menarik bagi saya. Akan tetapi saya belum mendapatkan fitur tersebut, sehingga saya meminta agar fitur mode profesional bisa dimunculkan di akun pribadi milik saya. Terima kasih.

    Kalimat di atas hanya sebagai contoh saja ya. Intinya, mintalah dengan sopan dan bisa meyakinkan pihak Facebook. Kamu juga bisa mencantumkan bisnis digital atau blog pribadi, agar Facebook semakin yakin memberikan mode profesional pada akun milikmu.

    5. Ribet? Buat saja halaman baru

    Jika cara di atas terlalu ribet dan sebenarnya memang tidak 100% berhasil, maka buat saja halaman Facebook baru. Karena halaman Facebook sekarang sudah otomatis mendapatkan tampilan yang sangat mirip dengan mode profesional pada akun pribadi. Bahkan jauh lebih profesional.

    Bedanya hanya pada masalah lama tidaknya pengikut bertambah. Kamu yang pernah membuat halaman Facebook pasti tahulah, bagaimana susahnya mencari pengikut halaman supaya rame.

    Beda dengan mode profesional, yang hanya cukup menambahkan teman saja, sudah bisa mendapatkan pengikut baru secara otomatis.

    Orang-orang di Facebook juga lebih tertarik mengonfirmasi pertemanan daripada diundang buat menyukai halaman Facebook yang dirasa kurang penting-penting amat untuk diikuti. Real gak?


    Mengapa Harus Punya Mode Profesional Facebook?

    Di bawah ini, saya akan memberikan beberapa alasan mengapa fitur Facebook mode profesional wajib dicoba. Terutama untuk kamu yang punya bisnis online atau freelancer.

    1. Branding

    Jujur saja saya suka sibuk kalau berkaitan dengan branding. Karena saya mau membuat sosial media saya, bukan hanya sekadar sosmed biasa dengan status gak jelasnya. Terlihat rapi, enak dilihat, dan tentu saja lebih profesional.

    Apalagi saya punya blog pribadi yang masih berproses menuju tahap maju. Pasti perlu sekali branding, menjelaskan seluk beluk diri sendiri, gaya tulisan, dan tetek bengek lainnya.

    Nah, Facebook mode profesional ini juga bisa cukup membantu branding diri sendiri supaya lebih kuat. Karena siapa tahu, ada perusahaan yang tertarik, dan melihat-lihat profil sosmed saya. Kalau Facebook saya sudah rapi, client jadi makin percaya. Mimpi saja dulu. Rezeki gak ada yang tahu kan. Hehe.

    2. Bisa dapat cuan

    professional mode on facebook
    Ini dia alasan yang bisa membuatmu sadar bahwa mode profesional harus kamu miliki. Yap, kamu bisa dapat cuan dengan dihadiahi bintang oleh pengikutmu.

    Metodenya sama seperti gift ketika live di sosial media lain. Ketika fitur bintang di dasbor profesional Facebook kamu aktif, teman atau pengikutmu bisa memberikan hadiah berupa bintang.

    Sangat cocok untuk kamu yang suka upload video atau live streaming di Facebook. Siapa tahu rezeki kamu ada di sana. Asal kontennya yang baik-baik saja, jangan mandi pakai lumpur lapindo apalagi cuma modal ngomong "terima kasih banyak" doang. Kacau!

    3. Teman jadi follower

    Seperti yang saya jelaskan tadi, mode profesional Facebook sangat mudah mendapatkan pengikut ketimbang fanspage biasa. Hanya bermodal menambahkan teman sebanyak mungkin, menunggu dikonfirmasi, maka pengikutmu otomatis bertambah.

    Beda dengan halaman Facebook. Mengundang 500 teman supaya menyukai halaman kita, yang mau cuma beberapa saja. Itupun mungkin terpaksa. Kita pun juga tidak bisa menyalahkan, karena mereka juga harus tahu, apakah halaman kamu bermanfaat atau tidak nantinya.

    Itulah dia tutorial singkat cara mengaktifkan mode profesional di profil Facebook versi saya, dan beberapa tips lainnya. Jika ada tambahan, silakan komentar saja di bawah. Semoga saja mode profesional Facebook ini bisa benar-benar dinikmati semua orang secara global ke depannya. Sehingga tidak perlu susah payah menunggu giliran. Terima kasih, sampai jumpa di bahas-bahas teknologi lainnya.

    Dukung Via SAWERIA Jika artikelnya dirasa bermanfaat, kamu bisa traktir saya dengan mengeklik lambang hati di sebelah kiri. Semaunya saja, gak maksa. Semua traktiran, akan digunakan untuk kemajuan blogwww.nandarir.com. Terima kasih.
    Baca Juga
    Nandar IR
    Calon penulis, menyukai videografi, dan hobi berpikir di kala rebahan. Harus kenal dekat dulu, baru asyik diajak ngobrol. Bukan berarti bersikap dingin, hanya kurang percaya diri memulai obrolan.

    Mungkin Kamu Suka

    Posting Komentar