h2amzOiq2Tn9rmGhajOa165fMKwBqbFxQjYwl3bC
Bookmark

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Selain Adsense

cara menghasilkan uang dari blog
Menghasilkan uang dari blog memang sudah menjadi bahasan umum di kalangan komunitas blogger. Bahkan bisa dibilang jadi topik yang sering muncul tiap detiknya. Cara yang paling sering dilakukan adalah dengan memanfaatkan layanan penyedia jasa iklan, Adsense.

Melalui layanan Adsense, blogger bisa menghasilkan cuan yang lumayan, tergantung berapa jumlah tayangan, dan topik atau niche apa yang dibahas di sana.

Namun, saking banyaknya blogger pemula baru yang ngebet ingin menghasilkan uang online, Adsense lama kelamaan semakin memberikan persyaratan yang rumit dan memusingkan. Sehingga mendaftar layanan tersebut bukanlah sesuatu yang mudah untuk saat ini.

Nah, buat kamu blogger pemula yang kesulitan mendaftar Adsense, berikut adalah beberapa opsi cara menghasilkan uang dari blog selain Adsense.


1. Jual jasa backlink

cara mendapatkan uang dari blog
Cara pertama menghasilkan uang dari blog selain Adsense adalah dengan mendaftarkan situs pribadimu ke jasa jual beli backlink.

Beberapa situs yang siap menampung blog kamu sebagai publisher backlink di antaranya Seedbacklink, Mediabacklink, dan Rajabacklink. Kamu bisa mendaftar secara gratis.

Situs penyedia jasa jual beli backlink tersebut, pasti memiliki aturan dan persyaratan sendiri. Misalnya dari jumlah minimal uang yang bisa ditarik. Silakan baca-baca saja dulu, dan pilih mana yang dirasa ringan buatmu.


2. Menjual produk sendiri melalui blog

menghasilkan uang online
Kalau kamu kebetulan seorang penjual produk, kamu bisa menambahkan halaman toko online ke blog milikmu. Atau bisa langsung jualan di sana saja. Siapa tahu, banyak yang berminat membelinya.

Kamu bisa menjual berbagai produk sesuai keinginanmu. Baik berupa barang fisik maupun digital. Misalnya pakaian, gadget, aplikasi atau game bikinan sendiri, buku, e-book, jasa buat logo dan masih banyak lagi.

Agar jualanmu laku di blog sendiri, sebaiknya produkmu sesuai dengan niche atau topik pembahasan yang sering kamu tulis di sana.


3. Menjadi afiliasi untuk produk atau jasa lain

Cara menjadi afiliasi di blog
Selain berjualan produk sendiri, kamu juga dapat mengulas produk atau jasa tertentu di blog pribadi. Jangan lupa, sertakan tautan afiliasi yang akan memberimu komisi jika pengunjung membeli produk atau jasa tersebut melalui link yang dicantumkan.

Link afiliasi bisa ditemukan dengan mudah. Apalagi di era digital ini, afiliasi sering menjadi teknik promosi yang sering digunakan sebuah perusahaan, untuk menggaet calon pelanggan.

Beberapa aplikasi yang memberikan link afiliasi di antaranya Tokopedia, Shopee, beberapa dompet digital, dan lain-lain. Silakan pilih sesuai keinginanmu sendiri.


4. Ikut Lomba Menulis di Blog

mendapat uang online
Para blogger yang masih belum bisa menghasilkan uang dari Adsense, bisa juga mengirimkan tulisan di blognya ke lomba menulis. Hadiahnya kadang tidak main-main. Dari ratusan ribu, hingga puluhan juta rupiah. Bahkan di beberapa lomba, kamu bisa mendapat gadget terbaru dengan hanya memenangkan lomba saja.

Lomba menulis khusus blogger ini, selalu mengharuskan tulisan yang akan dilombakan, ditulis di blog pribadi. Sehingga, selain berkesempatan mendapat hadiah uang, blog kamu bisa terisi tulisan baru yang bisa dibaca pengunjung.

Tapi sebelum mengikuti lomba, alangkah baiknya kamu melihat dulu syarat dan ketentuan, serta siapa jurinya. Hal ini supaya kesempatan menang, bisa jauh lebih besar.

Lalu, dimana saya bisa menemukan info lomba menulis di blog?

Cara menemukannya sangat mudah. Tinggal buka Instagram, dan cari akun @infolombablog. Di sana akan ada banyak update info lomba menulis di blog, dengan berbagai macam niche dan hadiah yang menggiurkan. Ikuti saja, siapa tahu kamu beruntung.


5. Menjual ruang iklan

menghasilkan uang online di blog
Cara ini sudah lama dilakukan oleh para blogger profesional, yang memiliki ribuan pengunjung harian. Kamu menjual ruang iklan di blog, kepada perusahaan atau individu yang ingin mempromosikan produk atau jasa mereka. Cukup cantumkan banner "PASANG IKLAN DI SINI" atau sejenisnya, lalu tunggu sampai ada yang tertarik.

Cara ini mungkin tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi jika blog pribadimu masih sepi pengunjung. Karena perusahaan pasti akan pilih-pilih mana blog yang layak untuk mempromosikan produknya. Semangat menghasilkan banyak views-nya!


6. Menjual paket pemasaran

jual jasa tulisan seo
Menghasilkan uang dari blog juga bisa dilakukan dengan menawarkan layanan pemasaran, seperti pembuatan konten atau optimasi SEO, kepada perusahaan atau individu yang ingin meningkatkan visibilitas online mereka.

Kamu yang memiliki kemampuan menulis SEO, bisa mendapatkan uang dengan hanya menjual tulisan. Yang penting kualitas tulisanmu bagus, dan memiliki harga yang bersaing, agar jasamu banyak dilirik pembeli.


7. Memasang iklan alternatif Adsense

iklan alternatif adsense
Cara mendapatkan uang di blog yang terakhir, adalah dengan memasang iklan alternatif Adsense. Jasa penyedia iklan yang aturannya tidak semengerikan produk Google tersebut.

Banyak sekali opsi yang bisa dicoba di blog pribadimu. Contohnya Adsterra, Adnow, MediaNet, Propeller Ads, dan sebagainya.

Namun saat memilih iklan alternatif, alangkah baiknya lihat dulu bagaimana tampilannya. Sebab banyak penyedia iklan yang justru mengganggu para pembaca di blog milikmu, karena iklan yang muncul tidak user friendly.

Itu saja beberapa cara untuk menghasilkan uang dari blog selain AdSense. Pilihlah cara yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Jangan lupa juga tetap mengedepankan kualitas konten agar pengunjung bisa berlama-lama betah di blog pribadimu.

Posting Komentar

Posting Komentar

Hai! senang bisa mendapat komentar darimu. 😊
Sok, kasih kritik maupun saranmu buat blog ini. Jangan nanggung, hajar aja!