h2amzOiq2Tn9rmGhajOa165fMKwBqbFxQjYwl3bC
Bookmark

50+ Contoh Menemukan Kata Berima Sama Secara Utuh

menemukan kata berima sama secara utuh
Halo, guys! Pada pembahasan kali ini, kita akan belajar bersama-sama, menemukan kata berima sama secara utuh pada puisi, pantun, maupun gurindam.

Seperti yang sudah kita ketahui, puisi rakyat (pantun, gurindam, dan syair), selalu memiliki bunyi akhiran sama. Dan tahukah kamu, meskipun terdengar sama, ternyata terdapat sedikit perbedaan bunyi kata yang mungkin tidak kita sadari. 

Perbedaan bunyi kata tersebut dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis rima. oleh karena itu mari kita kupas tuntas apa itu rima, jenis, beserta contoh-contohnya. Check it out!


Apa Itu Rima

rima dalam puisi adalah
Ada yang sudah paham mengenai apa itu rima? Jika belum atau mungkin lupa-lupa ingat, saya akan menjelaskannya kembali dengan bahasa yang sederhana.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Rima adalah pengulangan bunyi yang berselang, baik di dalam larik sajak maupun pada akhir larik yang berdekatan. Sederhananya, rima adalah pengulangan bunyi pada sebuah kata maupun suku kata yang terdapat pada karya puisi. Biasanya terletak pada bagian akhir baris puisi.

Rima sangat berguna untuk membantu menambah kesan keindahan, irama, dan keseimbangan pada puisi. Coba saja kamu bikin pantun tanpa rima, pasti terasa aneh dan mungkin jadi bahan olokan teman. Ujung-ujungnya, Jaka Sembung bawa golok.

Jenis-jenis rima berdasarkan bunyi pada kata atau suku kata dapat dibedakan menjadi 8 jenis. Yakni rima sempurna (rima utuh), rima tidak sempurna (rima sebagian), rima mutlak, rima terbuka, rima tertutup, rima aliterasi, rima asonansi dan rima disonansi.

Namun yang akan kita pelajari untuk kali ini hanya dua saja. Yaitu kata berima utuh dan rima akhir sebagian.

Umumnya, yang kita pelajari di sekolah, bunyi rima terbagi dalam dua jenis. Ada rima a-a-a-a, dan ada pula rima a-b-a-b.


Contoh pantun berima a-a-a-a:

Rumah paman di pinggir jalan

Di pinggir jalan bertemu Pak Rehan

Jika hidupmu berantakan

Mungkin kamu tidak ingat Tuhan


Contoh pantun berima a-b-a-b:

Jalan-jalan ke Mitra Batik

Di Mitra Batik banyak yang jualan

Wahai nona-nona cantik

Boleh dong, abang kenalan


Untuk contok kata berima dalam gurindam dan syair, bisa dilihat pada pembahasan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan puisi rakyat.

Nah, pada contoh pantun di atas, kita juga bisa menemukan perbedaan yang cukup mencolok namun mungkin tidak kita sadari.

Pantun pertama yang bertema religi, adalah contoh pantun berima sebagian. Sedangkan pada contoh kedua, adalah contoh pantun berima sama secara utuh. Lah, kok bisa? Mari kita pelajari lebih dalam lagi.


Rima Utuh atau Rima Sempurna

Rima utuh atau rima sempurna adalah istilah dalam sastra yang merujuk pada pola keseluruhan dan beraturan dari bunyi akhiran pada baris puisi atau syair. Singkatnya rima ini memiliki persamaan bunyi pada seluruh suku kata terakhir. Supaya lebih paham, saya akan memberikan contoh rima dalam puisi secara utuh atau sempurna pada penggalan puisi buatan sendiri di bawah ini.


Contoh Rima dalam Puisi (Rima Secara Utuh)

Lalu ia sedikit berbisik

Pada hamparan pasir yang menelisik

Suaranya semerdu musik klasik

Sampai sulit buatku terusik

Coba kamu fokuskan pada kata terakhir puisi di atas. Bait tersebut memiliki 4 baris puisi dengan kata terakhir berbisik, menelisik, klasik, dan terusik. Jika kita simak baik-baik, suku kata terakhir pada keempat kata tersebut memiliki bunyi sama yaitu "sik". Nah, itulah yang dinamakan rima sempurna atau secara utuh.


Rima Sebagian atau Rima Tidak Sempurna

Sedangkan rima sebagian atau rima tidak sempurna adalah persamaan bunyi yang hanya terdapat pada sebagian suku kata saja, dan terletak diakhir satu larik puisi. Supaya lebih jelas, simak baik-baik potongan puisi guru singkat yang saya beri judul "Pintu Gerbang" di bawah ini.


Contoh Rima dalam Puisi (Rima Sebagian)

Hari ini, pintu gerbang jadi saksi

Guruku akan segera pergi

Meninggalkan kisah-kisah penuh arti

Biarkan sisa hidupnya bersama anak cucu sendiri

Sama halnya seperti pada contoh rima puisi berima sempurna, yang perlu kamu perhatikan adalah kata terakhir puisi di atas. Pada 4 baris puisi tersebut, terdapat kata saksi, pergi, arti, dan sendiri.

Lihat suku katanya, apakah kamu menemukan perbedaan bunyi di sana? Yap, tentu saja. Suku kata terakhir pada masing-masing kata tersebut berbunyi "si", "gi", "ti" dan "ri". Beda bukan? Nah itulah yang dinamakan rima tidak sempurna atau sebagian.

Gimana? Sudah paham belum tentang pembahasan rima sempurna dan rima tidak sempurna di atas? Jika belum mengerti, boleh berkomentar di bawah.


50+ Contoh Menemukan Kata Berima Sama Secara Utuh

contoh rima dalam puisi
Oke, sekarang kita lanjut pada pembahasan utamanya. Yaitu menemukan kata berima sama secara utuh. Di sini saya akan membedakannya ke dalam beberapa tema benda di sekitar, buah, tumbuhan, nama kota, hewan, masakan, dan negara. Seperti pada buku pelajaran Bahasa Indonesia yang mungkin sudah atau sedang kamu pelajari di sekolah.

Ingat! Fokuskan pikiranmu pada suku kata terakhirnya saja. Supaya kamu tidak merasa pusing saat menemukannya. Dan satu lagi, tetap enjoy dengan tugas yang diberikan gurumu. Jangan malah jadi beban hidup, terus bilang, "kamu gak mengerti apa yang aku rasakan!"


Kata Berima Sama Secara Utuh Nama Benda di Sekitar

Sebenarnya ada banyak sekali benda di dunia ini yang bisa kita buat sebagai contoh kata berima sama secara utuh. Namun, kali ini saya akan memberikan 5 contoh saja ya.

Nama Benda Kata dengan bunyi akhir sama secara utuh
Foto, Oto Salto, Moto, Dito, Kato
Mobil, Jabil, Kerambil Labil, Ambil, Kubil, Sambil
Bantal, Portal Kental, Sintal, Buntal, Gatal, Rental, Batal
Piala, Jendela, Bola, Jala Bala, Cela, Gila, Sela, Mula, Tela, Bela, Gejala
Dasi, Kursi, Besi Basi, Kreasi, Rasi, Reaksi, Mutasi, Abrasi, Renovasi, Atasi, Suksesi, Komisi, Atensi, Solusi, Absensi, Koalisi, Agensi, Eksekusi, Konjungsi
Paku, Bangku, Tungku Daku, Laku, Baku, Selaku, Perilaku, Kaku, Suku

Kata Berima Sama Secara Utuh Nama Buah

Banyak juga berima sama secara utuh yang bisa ambil sebagai contoh. Perlu kamu ingat bahwa contoh-contoh yang saya sebutkan pada artikel ini, hanya sebagian saja. Silakan kalian temukan sendiri, agar kamu bisa lebih paham dan menjaga otak supaya tetap aktif. Dan berikut adalah kata berima secara utuh tema buah.

Nama Buah Kata dengan bunyi akhir sama secara utuh
Semangka, Nangka Buka, Langka, Celaka, Raka, Duka, Suka, Reka, Jejaka, Luka
Anggur Menganggur, Tegur, Jagur, Gugur, Jigur
Pepaya Gaya, Budaya, Raya, Maya, Daya, Percaya, Adidaya, Foya
Jeruk Garuk, Keruk, Caruk, Buruk, Deruk, Saruk,
Kelapa Lupa, Kenapa, Gempa, Serupa, Siapa, Rupa, Sapa, Jumpa, Hampa, Bertapa
Nanas Panas, Ganas, Lunas, Munas, Bernas

Kata Berima Sama Secara Utuh Nama Tumbuhan

Selain buah, tumbuhan dapat ditemukan di hampir seluruh tempat yang kamu kunjungi. Entah tumbuhan yang sering dijual untuk dimakan, maupun tumbuhan yang tumbuh secara liar. Berikut adalah kata berima sama secara utuh tema tumbuhan.

Nama Tumbuhan Kata dengan bunyi akhir sama secara utuh
Padi, Keladi, Bardi Semedi, Budi, Sandi, Mandi, Mudi, Sudi
Melati, Jati Pekerti, Bukti, Sejati, Jati, Ganti, Bakti, Sakti
Bambu, Lumbu Kubu, Rabu, Babu, Sumbu, Ambu, Ribu, Bubu
Teratai, Petai Intai, Juntai, Ketai, Gontai, Santai
Mentimun Lamun, Imun, Namun, Kerumun
Jamur Jemur, Kumur, Lumur, Makmur, Umur

Kata Berima Sama Secara Utuh Nama Kota

Nama kota yang bisa dijadikan contoh rima utuh bukan hanya sekadar di Indonesia saja. Kamu bisa mengeksplorasi berbagai tempat di negara lain seperti Malaysia, Inggris, Argentina yang juara piala dunia kemarin, dan sebagainya. Nah, di bawah ini beberapa contoh yang bisa jadi bahan referensi.

Nama Kota Kata dengan bunyi akhir sama secara utuh
Bandung Sandung, Mendung, Pundung, Rundung, Andung
Paris Miris, Garis, Laris, Waris, Nyaris, Deris, Baris, Tiris
Singaparna Kelana, Merana, Sana, Dana, Gana, Begana, Rona
Jakarta, Surakarta Melata, Rata, Aorta, Derita, Tata, Cinta, Buta
Palembang, Rembang, Lembang, Subang Ambang, Sambang, Lambang, Bimbang, Kubang, Lubang, Tumbang, Sumbang, Jabang, Tembang, Tebang
Pekalongan Angan, Dengan, Omongan, Ringan, Jangan, Golongan

Kata Berima Sama Secara Utuh Nama Hewan

Di dunia ini pasti kamu sering menemukan beragam jenis hewan. Dari lautan, daratan, sampai udara. Contoh kata berima tema hewan di bawah ini mungkin bisa jadi inspirasi.

Nama Hewan Kata dengan bunyi akhir sama secara utuh
Kucing, Cacing Runcing, Pancing, Picing, Buncing, Kencing
Belut Salut, Sulut, Gelut, Talut, Kalut
Kijang Lajang, Bujang, Panjang, Tunjang, Senjang, Mojang, Rajang, Wejang, Pajang, Anjang
Landak, Badak Mendadak, Budak, Tersedak, Pendak, Udak, Hendak, Sidak
Belalang Jelang, Tilang, Bilang, Malang, Talang, Dalang, Kalang, Langlang, Selang, Banda, Belang, Ulang, Sulang, Galang, Julang
Jerapah, Tapah, Kepah Serapah, Sumpah, Tumpah, Berpapah, Sampah, Upah, Rempah, Campah, Bijak

Kata Berima Sama Secara Utuh Nama Masakan

Kalau ini sih, pasti sering banget kamu temukan. Tanpa masakan atau makanan, kita mungkin akan cepat lelah dan cepat bertemu yang Maha Pencipta. Masakan juga bisa dijadikan sebagai kata berima secara utuh. Berikut beberapa di antaranya:

Nama Masakan Kata dengan bunyi akhir sama secara utuh
Bakwan, Tekwan Kawan, Lawan, Tawan, Dermawan, Sawan, Rupawan, Menawan, Jutawan
Sosis, Narsis, Absis, Persis, Katarsis, Oasis, Desis
Kerupuk Tumpuk, Dapuk, Gepuk, Empuk, Lapuk, Gapuk
Rendang Tendang, Gadang, Pandang, Gudang, Radang, Sandang, Hidang, Kadang, Sedang, Dendang, Badang, Padang
Panada,Papeda Ganda, Janda, Duda, Anda, Sunda, Balada, Tunda, Sabda, Ananda, Banda, Beda, Goda
Rujak Ajak, Jejak, Pajak, Sajak, Bajak, Tanjak, Sejak, Pijak, Bijak

Kata Berima Sama Secara Utuh Nama Negara

Sampailah kita pada contoh terakhir kata berima secara utuh dengan tema Negara. Negara pertama yang kamu pikirkan pasti Indonesia, kan? Nah, kali ini coba deh, cari negara lain selain negara Indonesia. Biar kamu tahu lebih luas tentang berbagai negara di dunia. Di bawah ini adalah beberapa contohnya.

Nama Negara Kata dengan bunyi akhir sama secara utuh
Malaysia, Tunisia, Rusia Amnesia, Lansia, Usia, Rahasia, Sia-sia, Xenoglosia
Jepang Lapang, Sampang, Tumpang, Tampang, Rumpang, Gampang, Kepang
Portugal, Senegal Gagal, Jegal, Pegal, Jagal, Tanggal, Dugal
Italia, Somalia Belia, Mulia, Xerofilia, Mamalia
Tiongkok Jongkok, Pokok, Bongkok, Cangkok, Bengkok, Mongkok
Uzbekistan, Pakistan, Tajikistan, Afganistan Rentan, Mantan, Hutan, Intan, Polutan, Kinantan, Selatan, Kecepatan, Jantan, Wetan

Sudah puas dengan contoh kata berima secara utuh yang saya sajikan di atas? Bila belum, kamu bisa menambahkannya sendiri. Masih banyak kata-kata yang bisa kamu temukan dalam Bahasa Indonesia.

Oh iya, seluruh contoh kata berima di atas sudah saya cek di KBBI. Tapi, kalau kamu ragu dengan kata-kata asing yang mungkin baru kamu dengar, silakan cari sendiri artinya di kamus.

Untuk contoh kata berima sebagian, akan dibahas pada artikel selanjutnya. Bisa saja besok, atau lusa. Tunggu saja, ya.

Baiklah, itu saja pembahasan tentang 50+ contoh menemukan kata berima sama secara utuh yang bisa saya paparkan untuk kamu semua. Silakan pelajari kembali dan temukan sendiri contohnya, sesuai dengan pengertian rima yang sudah kita pelajari tadi. Selamat mencari!

Posting Komentar

Posting Komentar

Hai! senang bisa mendapat komentar darimu. 😊
Sok, kasih kritik maupun saranmu buat blog ini. Jangan nanggung, hajar aja!