h2amzOiq2Tn9rmGhajOa165fMKwBqbFxQjYwl3bC
Bookmark

11 Tempat Wisata Tasikmalaya, Kota Kecil Sejuta Pesona

tempat wisata tasikmalaya
Jika bicara soal tempat wisata Tasikmalaya, memang tidak sepopuler kota besar lain seperti Bandung maupun Jakarta. Namun, kota kecil yang terletak di bagian selatan Jawa Barat ini juga memiliki keindahan alam yang sangat menawan, dengan berbagai tempat wisata yang menarik dan eksotis. Dari pegunungan, danau hingga pantai yang masih asri dan higienis.

Masyarakat luar Tasikmalaya mungkin hanya familiar dengan wisata Gunung Galunggung dan Kampung Naga. Karena keduanya cukup sering dibicarakan di televisi maupun media online. Padahal masih banyak lho, tempat rekreasi yang bisa kamu jelajahi di sana.

Nah, pada artikel kali ini, saya akan merekomendasikan 11 tempat wisata di Tasikmalaya yang wajib kamu kunjungi. Termasuk Gunung Galunggung dan Kampung Naga tentunya.


1.Gunung Galunggung

wisata tasikmalaya
Gunung Galunggung merupakan gunung berapi yang terakhir meletus pada tahun 1982, dan kini menjadi salah satu tempat wisata di Tasikmalaya yang menarik untuk dikunjungi. Bisa dibilang, kawasan ini menjadi spot terfavorit masyarakat Tasikmalaya. Apalagi ketika hari lebaran tiba.

Eksplorasi wisata yang bisa kamu nikmati di sana di antaranya adalah pemandangan kawah Galunggung yang indah, danau Lalay, hutan pinus, dan air terjun Cikahuripan.

Selain itu, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas hiking atau pendakian gunung dan menikmati panorama alam yang tersaji di sekitaran kawah. Kamu juga bisa menikmati berbagai wisata menarik lain seperti memancing, berenang di air panas, camping, dan sebagainya.

  • Lokasi: Desa Linggarjati, Kec. Sukaratu, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
  • Jam buka: 07.00-21.00 WIB (hari biasa) dan 07.00-23.00 WIB (weekend)
  • Harga tiket masuk: Rp15.000 hingga Rp25.000 per orang (belum termasuk biaya parkir)


2. Taman Wisata Karang Resik

karang resik tasikmalaya
Taman Wisata Karang Resik adalah salah satu destinasi wisata yang menarik di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Taman ini memiliki beragam konsep wisata seperti rekreasi, edukasi, kuliner hingga sejarah. Sehingga pengunjung jauh lebih terpuaskan dari segi hiburan, isi perut dan pengetahuan.

Dengan total luas 32 hektare, Karang Resik memiliki banyak wahana yang bisa kamu coba bareng keluarga. Mulai dari farm house, taman bunga yang indah, taman wonderland, waterpark, flying fox, rumah pintar polisi, dan berbagai macam fasilitas lainnya.

Dengan berbagai kegiatan seru yang ditawarkan dan keindahan alamnya, Taman Wisata Karang Resik adalah salah satu tempat wisata Tasikmalaya yang wajib kamu coba.

  • Lokasi: Jl. Mohamad Hatta, Desa Sukamanah, Kec. Cipedes, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
  • Jam buka: 09.00-16.00 WIB (hari biasa), dan 09.00-16.30 WIB (weekend)
  • Harga tiket: Rp35.000 (tiket masuk), Rp25.000 (FarmHouse), Rp20.000 (Waterpark)


3. Kampung Naga

wisata tasik
Kampung Naga terkenal dengan keunikan arsitekturnya yang khas, yakni rumah panggung yang dibangun dengan menggunakan bahan kayu ulin. Selain itu, nilai jual dari tempat ini adalah masyarakatnya masih mempertahankan adat dan tradisi leluhur mereka dengan baik. Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan kegiatan memindahkan rumah adat yang sangat langka terjadi.

Ketika berkunjung ke Kampung Naga, para wisatawan akan disambut dengan kehangatan dan keramahan dari penduduk setempat. Mereka dapat melihat sendiri bagaimana kehidupan masyarakat di desa ini, dari cara mereka bercocok tanam, cara memasak, membuat kerajinan, hingga cara mereka berinteraksi satu sama lain.

Tak hanya itu, Kampung Naga juga memiliki keindahan alam yang tak kalah indahnya. Di sana terdapat sungai jernih yang diapit oleh perbukitan hijau dan pesawahan. Tidak heran, banyak pengunjung yang datang ke Kampung Naga untuk merasakan suasana alami yang menenangkan.

Setelah puas menikmati keindahan Kampung Naga yang asri, kamu juga bisa membawa buah tangan yang terpajang rapi yang bisa kamu beli.

  • Lokasi: Desa Neglasari, Kec. Salawu, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
  • Jam buka: 09.00-18.00 WIB
  • Harga tiket: Seikhlasnya, Rp150.000 (Pemandu), dan Rp300.000 (Narasumber)


4. Pantai Cipatujah

wisata di tasikmalaya
Meskipun tidak sepopuler Pangandaran, Pantai Cipatujah juga memiliki panorama yang tak kalah indah. Pengunjung bisa bersantai di atas pasir, menikmati suara ombak, karang, menunggu sunset, hingga bermain air.

Namun, karena pantai ini terbilang memiliki ombak yang ganas, kamu dianjurkan untuk tidak berenang terlalu jauh. Cukup di tepian saja, ya.

Menariknya, jarak antara wisata pantai Cipatujah, Sindangkerta, dan Pamayangsari tidak terlalu jauh. Sehingga kamu bisa saja menikmati lebih dari satu pantai sekaligus, dalam sehari. Asyik bukan?

  • Lokasi: Desa Cipatujah, Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga tiket masuk: Rp5000 per orang


5. Danau Situ Gede

situ gede tasikmalaya
Salah satu wisata Tasikmalaya yang bisa kamu kunjungi lainnya adalah Situ Gede. Danau ini memiliki luas sekitar 47 hektare, dengan kedalaman sekitar 6 meter.

Keindahan hamparan luas danau mampu menghipnotis siapa saja yang melihatnya. Pemandangan yang asri, serta udara yang masih segar, membuat hati tenang dan bisa sejenak melupakan masalah.

Selain sajian pemandangang yang indah, kamu juga bisa menikmati wahana bermain air, berkeliling danau dengan perahu, camping, hingga berfoto ria dengan spot yang instagramable. Cocok buat kaum-kaum muda yang suka update di sosial media.

  • Lokasi: Kel. Mangkubumi, Kec. Mangkubumi, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga tiket: Rp5000 per orang


6. Gua Safarwadi Syekh Abdul Muhyi Pamijahan

wisata religi
Bagi kamu yang ingin berwisata religi di Tasikmalaya, Gua Safarwadi Syekh Abdul Muhyi di Pamijahan tentu jadi pilihan favoritnya. Tempat ini sangat terkenal dan selalu ramai pengunjung di setiap tahunnya.

Di sana kamu bisa berziarah ke makam wali besar Syekh Abdul Muhyi serta tokoh besar lainnya. Menikmati dinginnya air gua, melihat stalaktit dan stalakmit yang berdiri kokoh, serta mencoba Jabal Kopiah atau batu yang menyerupai peci haji. Selain itu, kamu juga bisa melihat salah satu gua yang dikisahkan sampai tembus ke tanah Mekkah.

Pokoknya, selepas kamu berwisata religi di sana, akan ada kesan menyenangkan sekaligus menenangkan jiwa, hati, serta pikiran.

Para warga masyarakat di sana juga menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas wisata religi seperti pakaian muslim, peci, tasbih, serta pernak-pernik lainnya.

Meskipun sempat terjadi bencana luapan air sungai yang menggenang sampai area gua, Gua Pamijahan kini sudah bisa kembali dikunjungi para peziarah.

  • Lokasi: Panyalahan, Desa Pamijahan, Kec. Bantarkalong, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga tiket: -


7. Bukit Panyangrayan

wisata tasik
Panorama yang eksotis, serta berbagai spot foto yang disajikan, membuat Bukit Panyangrayan sangat wajib dikunjungi, terutama untuk para kaum muda-mudi.

Pemandangan bukit yang menakjubkan, membuat swafoto jauh lebih menyenangkan. Apalagi jika kamu berkunjung di pagi atau sore hari, hasil foto bisa jauh lebih menarik dengan background sunset maupun sunrise.

Selain itu, Bukit Panyangrayan juga menjadi kawasan perhutani. Kamu akan disuguhkan dengan keasrian ladang pohon pepaya khas Kalifornia.

Destinasi wisata lain yang bisa kamu sambangi ialah berupa ziarah makam keramat keturunan leluhur Sukapura seperti makam Raden Jayaningrat, Raden Suryaningrat, dan makam Pasir Tando.

  • Lokasi: Sadaukir Kapunduhan Barumekar, Desa Sukapura, Kec. Sukaraja Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat Indonesia
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga tiket: Rp10.000


8. Curug Badak

tempat wisata tasikmalaya yang lagi hits
Tempat wisata di Tasikmalaya lainnya ialah Curug Badak. Spot air terjun yang berada di dalam daerah hutan pinus yang masih terjaga.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter, dan masih berada di kawasan Gunung Talaga Bodas. Curug ini juga cukup dekat dengan air terjun lain yang bernama Curug Hanoman.

Dinamakan Curug Badak, karena salah satu batu di tengah air terjun tampak mencuat seperti cula, ketika debit air sedang tinggi.

Di sekitaran wisata Curug Badak, kamu juga akan menemukan spot foto menarik, serta kafe-kafe yang tentu saja menjadi daya tarik untuk anak muda. Wisata yang dibuat kekinian, memang sudah jadi kegiatan wajib di seluruh tempat wisata di Indonesia sepertinya.

  • Lokasi: Kp. Setiamulya, Desa Sukasetia, Kec. Cisayong, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
  • Jam buka: 09.00-17.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Rp10.000


9. Bukit Cisanta

wisata tasikmalaya
Wisata Bukit Cisanta menyajikan panorama hamparan perkebunan teh sebagai daya tarik utamanya. Kawasan yang dulu justru terkenal angker, disulap menjadi sesuatu yang menjual dan bisa dinikmati para pemburu keindahan alam.

Sama halnya dengan wisata lain, Bukit Cisanta juga memiliki berbagai fasilitas seperti gazebo dan spot foto untuk mengambil gambar sebagai kenang-kenangan.

Meski tidak seterkenal objek wisata di Tasikmalaya lainnya, namun Bukit Cisanta bisa menjadi tempat rekreasi yang indah juga murah meriah.

  • Lokasi: Kebun Carik, Desa Banyuasih, Kec. Taraju, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga tiket: Gratis, Rp5.000 (biaya parkir roda dua), Rp10.000 (biaya parkir roda empat)


10. Gunung Demang Bojonggambir

tempat wisata di tasikmalaya
Salah satu keindahan alam yang berada di kawasan Tasikmalaya lainnya ialah Gunung Demang Bojonggambir. Berada di ketinggian 900 mdpl, dan dikelilingi oleh perkebunan teh, membuat pemandangan alam sekitar menjadi lebih indah dan sejuk menyentuh seluruh tubuh.

Pada masa penjajahan Belanda, Gunung Demang ini dijadikan sebagai tempat pengintaian oleh pejuang kemerdekaan. Mereka bisa memantau keberadaan musuh, karena posisinya tepat di atas jalan persimpangan.

Gunung Demang Bojonggambir berjarak 55 km dari pusat kota Tasikmalaya dan memiliki jalur yang relatif aman untuk mobil sedan sekalipun.

Wisata yang disajikan pengelola di sana di antaranya ialah camping ground, gazebo, malam keakraban, warung 24 jam, dan tentu saja spot foto selfie.

  • Lokasi: Jl. Raya Ciawi, Mangkonjaya, Kec. Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga tiket masuk: Rp3.000 (dewasa), Rp2.000 (anak-anak)


11. Situ Sanghyang

situ sanghyang
Situ Sanghyang merupakan salah satu tempat wisata di Tasikmalaya yang lagi hits. Mungkin kamu sudah tahu juga, mengingat kawasan ini menjadi destinasi favorit di sana.

Wisata yang menjadikan danau sebagai objek utamanya ini terbilang murah, namun tetap menjanjikan keindahan alam yang melimpah ruah. Kamu bisa berwisata bersama seluruh anggota keluarga tanpa harus terlalu memikirkan biaya.

Suasana alam Situ Sanghyang yang indah, asri, dan memiliki legenda serta mitos yang sudah lama melekat, menambah daya tarik tersendiri untuk para wisatawan.

Pemandangannya juga sangat romantis. Cocok untuk kamu yang sudah punya pasangan. Dunia benar-benar seakan milik berdua.

  • Lokasi: Jalan Raya Cibalanarik Cilolohan, Cibalanarik, Kec. Tanjungjaya, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga tiket masuk: Rp6.000 per orang


Penutup

Tasikmalaya adalah kota kecil yang memiliki pesona tersendiri dan banyak menawarkan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari wisata alam hingga wisata sejarah, ada banyak hal yang dapat dinikmati di kota ini.

Selain itu, keunikan dan kekayaan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Tasikmalaya, serta biaya yang sangat murah, juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dalam maupun luar daerah.

Dengan segala keunikan dan keindahan yang ditawarkan, Tasikmalaya adalah destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan bagi para penggemar traveling yang ingin mencari pengalaman yang berbeda dan ketenangan yang bisa melupakan segala masalah.

Jadi, jika kamu masih ragu untuk mengunjungi kota kecil sejuta pesona ini, jangan menunggu lama untuk merencanakan liburan ke tempat wisata Tasikmalaya.

Posting Komentar

Posting Komentar

Hai! senang bisa mendapat komentar darimu. 😊
Sok, kasih kritik maupun saranmu buat blog ini. Jangan nanggung, hajar aja!