h2amzOiq2Tn9rmGhajOa165fMKwBqbFxQjYwl3bC
Bookmark

Pengertian Borderline Personality Disorder adalah

borderline personality disorder
Borderline Personality Disorder adalah - Pernahkah kamu sering merasa hampa yang tak berkesudahan? Atau perasaan begitu cepat berubah, dari marah, cemas, dan sedih secara tiba-tiba. Atau pernah tidak kamu merasa takut ditinggalkan oleh orang yang kamu sayangi? Bisa jadi, kamu sedang mengalami gejala BPD atau borderline personality disorder.

Secara sederhana, borderline personality disorder adalah sebuah gangguan kesehatan mental yang dapat memengaruhi suasana hati dan interaksi dengan orang lain di sekitarmu. Penyakit ini ditandai oleh suasana hati, jati diri, dan perilaku dengan pola yang berkelanjutan.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, penderita BPD seringkali memiliki perasaan cemas, takut ditinggalkan atau ditolak, merasa diri tidak punya arti, bahkan sampai depresi. Kondisi tersebut dapat berlangsung beberapa jam, hingga berhari-hari.

Gejala BPD dapat dikelompokkan kedalam lima bagian, yaitu:

  1. Emosi yang tidak stabil
  2. Pola pikir yang mudah sekali terganggu
  3. Distorsi kognitif
  4. Perilaku bertindak secara tiba-tiba sesuai kehendak hati, atau impulsif
  5. Ikatan hubungan yang erat, namun tidak stabil dengan orang lain

Dari kelima gejala tersebut, perilaku ekstrem lain yang mungkin menyimpang dari kehidupan sosial bisa saja terjadi. Seperti melakukan seks bebas, menyakiti diri sendiri, perilaku bunuh diri, konsumsi obat terlarang, dan hal-hal menyimpang lainnya.

Selain itu, penderita BPD bisa secara tiba-tiba meninggalkan pekerjaan yang sebenarnya baik-baik saja, atau memutuskan hubungan yang padahal positif atau tidak sedang dalam masalah. Penyakit ini bisa juga mengakibatkan orang tersebut mudah marah dan berkata-kata kasar. Pada akhirnya, ia akan merasa kosong berkelanjutan dan merasa diri sudah gagal.

Penyebab borderline personality disorder bisa karena faktor genetik atau keturunan. Bisa juga diakibatkan oleh lingkungan. Selain itu, faktor penyebab BPD bisa juga disebabkan oleh kehilangan, intimidasi, atau trauma masa kecil.

Borderline personality disorder adalah penyakit kesehatan mental yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Jangan sampai penyakit BPD mengganggu kegiatan sehari-hari kamu, atau hubungan dengan orang yang kamu sayangi. Tetap sehat ya…

Posting Komentar

Posting Komentar

Hai! senang bisa mendapat komentar darimu. 😊
Sok, kasih kritik maupun saranmu buat blog ini. Jangan nanggung, hajar aja!