h2amzOiq2Tn9rmGhajOa165fMKwBqbFxQjYwl3bC
Bookmark

Begini Cara Memakai Headset Bluetooth untuk Pemula

cara memakai headset bluetooth
Headset bluetooth menjadi pilihan terbaik buat kamu yang ingin berkomunikasi, tanpa terganggu oleh kabel yang kadang bikin ribet. Headset Bluetooth juga sering digunakan untuk aktivitas lain seperti mendengarkan musik atau menonton film. Perangkat ini dapat berfungsi meminimalisir kebisingan suara di sekitarmu, sehingga lebih fokus menikmati hiburan dari gawai milikmu. Cara memakai headset bluetooth juga cukup mudah dan praktis.

Meski begitu, bagi sebagian orang, memakai headset bluetooth mungkin terasa sulit atau bahkan membingungkan. Apalagi untuk yang tidak memiliki pengetahuan cukup baik tentang perkembangan teknologi. Hanya membeli, ikut tren masa kini. Maunya tinggal pake, gak mau ribet pokoknya!

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan cara pakai earphone bluetooth atau headset bluetooth untuk kamu yang masih pemula. Tenang, pasti gampang kok. Yuk, simak baik-baik, ya...


Keuntungan Memakai Headset Bluetooth

Dengan pemanfaatan fitur bluetooth yang wajib ada di semua ponsel zaman sekarang, memungkinkan headset, earphone, maupun headphone dapat berfungsi tanpa bantuan kabel yang kadang menjuntai panjang. Tanpa adanya kabel, headset bisa digunakan dengan jauh lebih praktis dan tidak bikin ribet.

Seringkali kabel headset membuat tidak nyaman saat digunakan. Entah itu gampang kusut, suka tidak sengaja tertarik, dan yang paling menyebalkan mudah sekali putus dan rusak. Sehingga headset bluetooth menjadi solusi terbaik untuk mengatasi semua masalah itu.

Headset bluetooth juga bisa jauh lebih awet, karena tidak adanya kabel yang tersambung. Sehingga kamu tidak perlu sering gonta-ganti headset dan menghabiskan cukup banyak uang. Daripada terus-terusan beli headset kabel, mending beli pulsa ataupun kuota.

Perangkat ini juga bisa dikoneksikan atau di-pairing ke lebih dari satu perangkat, lho. Jadi ketika ada panggilan masuk dari dua perangkat yang berbeda, kamu tidak perlu repot mencabut lalu memasangnya lagi ke perangkat tersebut.

Satu keunggulan lain headset bluetooth yang tak kalah penting ialah membuatmu tampil lebih bergaya. Dengan era penggunaan TWS yang semakin pesat, kamu bisa dipastikan tidak akan ketinggalan zaman. Meskipun memakai headset kabel masih tetap terlihat modis juga, sih. Hehe.

Sayangnya, kendala yang paling sering dikeluhkan oleh penggunanya adalah terkait kapasitas baterai yang bisa cepat habis. Sehingga ketika headset lupa di cas, dan kebetulan kamu sedang menonton film berdurasi panjang, bisa saja kamu terganggu oleh notifikasi headset bluetooth yang rewel minta diisi daya ulang di tengah film. Mau tidak mau, kamu harus mengisi dayanya, dan berhenti menonton film. Atau malah lanjut tapi dengan audio yang keluar langsung dari speaker ponsel. Menjengkelkan bukan?

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu tentu harus pandai memilih headset, TWS, earphone yang bisa awet dipakai berlama-lama. Banyak sekali merek headset bluetooth yang memberikan kapasitas baterai besar pada produknya. Memang sih, harganya mungkin jauh lebih mahal, tapi sebanding lah dengan kepuasan kamu saat menonton atau mendengarkan musik favorit.


Cara Memakai Headset Bluetooth untuk Pemula

Kembali lagi ke pembahasan utama, gimana sih, cara memakai headset bluetooth? Sebenarnya, caranya sangat mudah dan pasti bisa dilakukan oleh pemula sekalipun.

Langkah yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan pairing terlebih dahulu. Apa itu pairing? Secara sederhana, pairing dapat diartikan sebagai langkah memasangkan atau mengkoneksikan antara perangkat headset bluetooth dengan ponsel tujuan.

Berikut adalah langkah-langkah pairing yang umum digunakan oleh banyak perangkat headset bluetooth.


1. Nyalakan headset bluetooth. Cara menyalakannya dengan menekan tombol power yang ada pada perangkat headset wireless milikmu. Biasanya headset sudah aktif jika lampu pada headset sudah menyala, atau ketika terdengar suara yang menandakan bahwa headset sudah aktif.

2. Aktifkan mode pairing. Mode ini biasanya sudah secara default aktif ketika kita menyalakan headset bluetooth-nya. Namun jika belum, silakan tekan tombol power atau tombol pairing yang ada pada headset. Jika masih bingung, cobalah membaca petunjuk pada manual book headset kamu.

3. Aktifkan bluetooth pada perangkat ponsel tujuan. Untuk langkah ini, tentu kamu tidak kesulitan bukan?

4. Cari device atau nama perangkat headset milikmu. Buka pengaturan, kemudian pilih koneksi bluetooth. Di sana mungkin kamu akan menemukan beberapa perangkat bluetooth. Silakan pilih nama device sesuai merek headset bluetooth milikmu. Atau kamu bisa juga melakukan scan jika dirasa perangkat belum muncul.

Pada ponsel biasanya juga terdapat perbedaan ikon bluetooth sesuai dengan perangkatnya. Misal pada pengaturan bluetooth di perangkat ASUS Zenfone milik saya di bawah ini. Untuk bluetooth laptop/komputer ditandai dengan gambar komputer, speaker bluetooth ditandai dengan ikon headphone, dan headset bluetooth ditandai dengan gambar headset. Gambar atau ikonnya bisa saja berbeda, tergantung merek atau sistem operasi ponsel.

cara menyalakan headset bluetooth

5. Klik perangkat headset bluetooth untuk menyambungkan. Pada tahap ini biasanya kamu diminta untuk menyandingkan perangkat dengan mengeklik OK pada pemberitahuan yang memunculkan sandi atau password. Jika sudah dilakukan, seharusnya perangkat headset bluetooth sudah tersambung dengan ponsel kamu.

Jika headset sudah tersambung, itu artinya kamu bisa menikmati segala jenis hiburan di ponsel dengan menggunakan headset bluetooth milikmu. Pada beberapa merek headset yang kualitasnya bagus, kamu diharuskan menginstal aplikasi di Play Store yang dapat membantu mengatur konfigurasi headset. Seperti volume, equalizer, dan sebagainya. Namun kamu bisa melewatinya jika dirasa tidak perlu.

Tutorial cara menggunakan headset bluetooth tanpa kabel di atas juga berlaku pada perangkat lain seperti laptop. Kamu hanya perlu mencari pengaturan bluetooth di komputer atau laptop, kemudian lakukan pairing di sana.

Segitu saja untuk pembahasan singkat cara memakai headset bluetooth pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat, dan selamat menikmati kualitas suara terbaik pada pendengaranmu. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Posting Komentar

Posting Komentar

Hai! senang bisa mendapat komentar darimu. 😊
Sok, kasih kritik maupun saranmu buat blog ini. Jangan nanggung, hajar aja!