h2amzOiq2Tn9rmGhajOa165fMKwBqbFxQjYwl3bC
Bookmark

7 Cara Mencari Uang Tambahan untuk Pelajar, Modal HP!

cara mencari uang tambahan untuk pelajar
Cara Mencari Uang Tambahan untuk Pelajar — Di era yang serba digital seperti sekarang ini, mendapat cuan cuma modal online memang bukan hal yang mustahil lagi. Banyak sekali pilihan pekerjaan lewat daring atau kerja remote, yang mungkin belum banyak orang tahu.

Bukan hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa saja, melainkan pelajar juga bisa mendapatkan kesempatan yang sama. Asal ada niat, kerja keras, dan kesabaran yang super tinggi. Karena sebagai disclaimer saja, bahwa mendapat uang dari internet itu gampang-gampang susah. Jadi, kamu harus benar-benar mampu bertahan sekalipun pahit hasilnya.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa pekerjaan yang menghasilkan banyak uang untuk pelajar. Mulai dari yang lumayan sederhana, sampai yang butuh waktu lama. Simak baik-baik ya!


Mengisi Survey Online Indonesia

cara menghasilkan uang lewat internet untuk pelajar
Dulu, ketika saya masih SMA, ini adalah aktivitas favorit saya untuk mencari uang tambahan di internet. Kerjaannya hanya mengikuti survey online. Kalau surveinya selesai dan sesuai, maka kamu akan diberikan reward berupa uang atau poin yang bisa ditukarkan dengan uang. Ada juga yang memberikan pulsa sebagai opsi penarikannya.

Namun untuk survei ini, biasanya tidak bisa menentu ada atau tidaknya. Kadang rame, kadang kosong sama sekali. Ada tidaknya survei untuk kamu kerjakan, biasanya menyesuaikan dengan kriteria biodata diri saat kamu melakukan pendaftaran. Atau mungkin memang sedang tidak ada saja.

Buat kamu yang ingin mencoba cara ini, berikut adalah rekomendasi survey berbayar terpercaya yang bisa kamu coba:

  • YouGov Indonesia, link: account.yougov.com/id-id/
  • Mobrog Indonesia, link: www.mobrog.com/id/
  • iPanel Indonesia, link: id.ipanelonline.com
  • Toluna, link: https://www.toluna.com/id_ID/home
  • Viewfruit, link: id.viewfruit.com
  • Opinion World, link: www.opinionworld.co.id
  • SurveyOn, link: www.surveyon.com
  • Neobux, link: neobux.com

Silakan coba-coba saja dulu. Kalau kamu tertarik, ya lanjut. Tapi, jika merasa cara ini terlalu lama dan membuang-buang waktu, saya sarankan tinggalkan saja. Sebab, memang perlu tingkat kesabaran yang tinggi untuk bisa withdraw atau menarik dana dari hasil survei.


Jadi Reseller atau Dropshipper

cara mendapatkan uang dalam sehari tanpa modal
Cara menghasilkan uang lewat internet untuk pelajar yang kedua adalah menjadi reseller atau dropshipper. Apa itu reseller dan dropshipper?

Pendeknya, keduanya adalah istilah untuk orang-orang yang berjualan produk dari orang lain atau bisa kita sebut supplier. Perbedaannya, reseller harus stok barang terlebih dahulu dan wajib punya modal, sedangkan dropshipper hanya cukup membagikan produk yang akan dijual ke calon pembeli. Cara jualannya? Bisa secara langsung, atau melalui media sosial.

Keduanya tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Entah itu dari segi kepercayaan antar reseller atau dropshipper dengan penyedia barang, kualitas produk, dan sebagainya. Namun percaya deh, kalau kamu tekun dan lihai mencari peluang ini, kamu pasti akan mendapat hasil yang memuaskan.

Sebab, berbeda dengan survei yang hasilnya diatur pemilik perusahaan, reseller dan dropshipper bisa mengatur harga jual sesuai dengan yang kita mau. Asalkan kamu harus melihat-lihat pesaingmu, dan menentukan harga yang dapat bersaing di pasaran.

Lalu, dimana kamu bisa mendapatkan produk reseller atau dropship terpercaya? Nih, saya kasih tahu beberapa daftar reseller terpercaya dan banyak orang yang gabung:

  • MS Glow (produk kosmetik), link daftar: msglowid.com/contact/joinus
  • Jafra (produk kosmetik), link daftar: jafra.co.id/register/form
  • Footstep Footwear (produk sepatu dan alas kaki lainnya), link daftar: footstepfootwear.com/reseller
  • Buku Republika (produk buku), link daftar: bukurepublika.id/reseller/
  • Mizanmu (produk buku), link daftar: seller.mizanmu.id/ketentuan
  • Sambal Cuk (produk makanan, sambal), link daftar: sambalcukindonesia.co.id/reseller

Seluruh rekomendasi di atas merupakan situs resmi yang menyediakan program reseller, dan sudah saya tinjau terlebih dahulu. Keuntungan menjadi partner reseller resmi tentu saja pembelian produknya yang memiliki diskon yang jauh lebih murah. Sehingga kita bisa mendapat keuntungan yang lumayan nantinya.

Sebenarnya, produk-produk lain bisa kamu jual kembali, sih. Tapi, kemungkinan mendapat diskon yang lebih besar bisa saja tidak ada.

Tapi bang, aku ini pelajar. Mana ada modal buat beli produknya? Ya sudah, nih, beberapa aplikasi dropship yang bisa kamu coba secara gratis!

  • Aplikasi Demanda, link aplikasi: KLIK DISINI (full gratis)
  • MasterCash (ada yang gratis, ada yang tidak)
  • Idejualan (ada yang gratis, ada yang tidak)

Untuk penyedia dropship, hanya tiga saja yang bisa saya rekomendasikan. Dari ketiga aplikasi tersebut, hanya Demanda yang membebaskan kamu dari uang pendaftaran. Sedangkan dua sisanya, memang gratis, namun dibatasi pelayanannya. Jika ingin bergabung jadi dropshipper premium, kamu harus menyediakan uang pendaftaran terlebih dahulu.

Sedikit tips buat kamu yang mau mencoba aplikasi Demanda dan penyedia program Dropship lainnya, carilah supplier yang memiliki rating dan komentar positif. Supaya jualan kamu lebih aman dan dipercaya konsumen. Jangan sampai kamu capek-capek promosi produk yang ternyata tidak sesuai deskripsi dan gambar. Sssttt… berdasarkan pengalaman pribadi.


Nulis di Media Online

pekerjaan yang menghasilkan banyak uang untuk pelajar
Buat kamu yang suka banget nulis artikel, cerpen, puisi, review film, buku, teknologi, dan hal-hal menarik lainnya, cara ini wajib kamu coba. Selain bisa mengasah bakat menulis, kamu juga bakal mendapat penghasilan yang cukup lumayan tentunya. Langsung saja, berikut adalah situs yang bisa menerima tulisanmu:

  • Mojok, cara kirim tulisan: mojok.co/kirim-artikel-mojok
  • Remotivi, cara kirim tulisan: remotivi.or.id/menulis
  • Basabasi, cara kirim tulisan: basabasi.co/ngirim-tulisanmu
  • Buruan, cara kirim tulisan: buruan.co/kirim-tulisan
  • IDN Times, daftar sebagai penulis: account.idn.media/register

Dari berbagai situs di atas, kamu bisa memilih salah satu atau beberapa, sesuai dengan karakter dan gaya menulismu. Ada yang bahasanya harus serius dan diplomatis, ada juga yang santai mengikuti gaya muda zaman sekarang.

Penghasilan yang didapatkan dari menulis di media-media tersebut sangat beragam. Kamu bisa mendapatkan puluhan ribu, ratusan ribu, hingga jutaan rupiah. Bisa dibayar tunai, maupun dicicil melalui poin yang harus dikumpulkan.

Buat pelajar yang hobi menulis, yang bahasanya anak muda banget, saya merekomendasikan IDN Times sebagai jalanmu mencari penghasilan tambahan. Selain bisa menggunakan bahasa sederhana, di sana juga memiliki beragam kategori asyik yang bisa kamu ulik.

Sayangnya, IDN Times tidak membayar langsung penulisnya, melainkan harus mengumpulkan poin sampai batas tertentu agar bisa dicairkan dengan uang. Silakan coba dulu, jangan mengeluh.

Kalau kamu seorang pelajar yang punya wawasan luas atau memiliki diksi-diksi yang jauh lebih berkelas, saya sarankan mengirim tulisan ke situs lain di atas. Sebab, media tersebut akan memberikan pembayaran secara tunai dalam waktu beberapa hari saja. Bayarannya pun sangat lumayan, bisa sampai jutaan. Namun, untuk bisa tembus sampai tulisanmu diterbitkan sangatlah susah. Perlu kriteria-kriteria khusus agar tulisanmu diterima.

Usaha dulu, yakin dengan kemahiran menulismu saja. Pasti bisa!


Daftar Program Affiliate

cara mendapatkan uang untuk pelajar
Program affiliate atau dalam bahasa Indonesia disebut afiliasi, adalah cara mendapat penghasilan dengan mempromosikan suatu produk atau jasa tertentu. Ketika ada orang yang mengeklik link afiliasi milikmu, kemudian melakukan aksi seperti membeli produk atau mendaftar, kamu bakal langsung mendapat keuntungan yang sesuai syarat dan ketentuan. Beberapa situs dan program yang menyediakan afiliasi di antaranya:

  • Shopee Affiliate, bisa daftar di sini: affiliate.shopee.co.id
  • Tokopedia Affiliate, bisa daftar di sini: affiliate.tokopedia.com
  • Lazada Affiliate, bisa daftar di sini: lazada.co.id/lazada-affiliate-program


Menjadi Content Creator

cara menghasilkan uang untuk pelajar
Menjadi content creator merupakan pilihan paling umum dilakukan, untuk kaum pelajar yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, cara yang satu ini terbilang butuh kreativitas dan kesabaran tinggi. Sebab, kita harus membangun brand, audiens, serta tetek bengek lainnya, demi meraih view dan followers sebanyak mungkin.

Setelah kontenmu meraih banyak pengunjung dan pengikut, maka kamu tidak perlu pusing lagi mencari penghasilan tambahan. Penghasilan tambahan lah yang akan mencarimu. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya sistem endorsement yang marak dilakukan oleh sebuah produk maupun jasa. Dengan mempromosikan sebuah produk, kamu bisa langsung menerima apa yang kamu impikan selama ini.

Selain endorse, content creator tertentu seperti YouTuber dan Blogger, bisa juga mendapat penghasilan tambahan dengan mendaftar Adsense. Kamu tentu tidak asing bukan dengan Adsense?

Nah, khusus bagi yang ingin mendapat cuan dari ngeblog, saya sudah membuat artikel khusus tentang cara menghasilkan uang dari internet untuk pelajar melalui blog, pada artikel Cara Menghasilkan Uang dari Blog. Silakan dibaca.

Perlu dicatat juga, bahwa menjadi content creator butuh tanggung jawab yang besar. Buatlah konten menarik, menghibur, tanpa harus menimbulkan kontroversi dan kekisruhan. Buatlah dirimu berharga, lebih dari uang yang sebenarnya tidak seberapa.


Mengerjakan Task atau Tugas

Pernah tidak kamu mendengar ada orang yang dibayar, hanya bermodal menonton video atau komentar produk saja? Nah, sebenarnya hal tersebut memang bisa dilakukan dan terbukti membayar. Hanya saja, seperti survey, task jenis tersebut memiliki bayaran yang sangat rendah.

Tapi tenang, masih banyak tugas atau task yang bisa kamu kerjakan dengan bayaran yang lebih manusiawi. Bisa berupa menulis artikel, memperbaiki masalah pada sebuah website, promosi konten, dan sebagainya.

Berikut situs yang menyediakan jasa mengerjakan tugas, yang menghasilkan uang:


Jual Karya Digital

cara menghasilkan uang dari internet untuk pelajar
Cara menghasilkan uang bagi pelajar yang terakhir adalah menjual karya digital. Karya digital dapat berupa desain logo, fotografi, video, NFT, bahkan game buatan sendiri.

Memang, cara ini jauh lebih memiliki effort yang luar biasa dibanding dengan yang lainnya. Namun kalau sudah laku, kamu mungkin akan ngiler dengan penghasilannya.

Hasil karya digital milikmu bisa terjual sampai jutaan bahkan puluhan juta rupiah, lho. Itu semua tergantung seberapa menarik karyamu, dan seberapa yakin dirimu. Asalkan, jangan menjualnya ke orang-orang Indonesia. Karena kebanyakan orang kita, akan membelinya dengan harga murah hingga di bawah pasaran. Jual hasil karya digitalmu di:

  • Logoground (khusus logo)
  • Shutterstock
  • 99design
  • Freepik
  • Opensea
  • Logoku

Sama halnya seperti menulis di media online, karyamu akan mengalami penyeleksian terlebih dahulu sebelum bisa dijual ke publik. Jadi, sambil menunggu, kamu bisa membuat karya lain untuk dipasarkan di sana.


Sedikit Tips dan Saran untuk Mendapatkan Uang Tambahan dari Internet

Sebagai orang yang setidaknya pernah mendapatkan beberapa kali penghasilan dari internet, cara-cara di atas tidak akan pernah memberikan hasil yang bagus, jika kamu malas belajar dan berproses.

Perlu ketekunan dan usaha yang besar agar kamu bisa duduk santai dan menghasilkan income di kemudian hari.

Ingat, jarang ada cara yang bisa membuatmu kaya raya dengan satu jentikan jari saja. Kalaupun ada, kamu harus menunggu kemungkinan itu terjadi dari miliaran kesempatan. Itupun kalau kamu terpilih. Mau menunggu sampai kapan?

Intinya, jika kamu sangat tertarik mendapatkan penghasilan secara online, lakukanlah dengan sungguh-sungguh, sabar, dan tekun. Jangan lupa juga, pelajari dan ubah apa yang kurang dan salah. Menyerah bukan pilihan yang tepat. Mumpung masih muda.

Sekian cara mencari uang tambahan untuk pelajar kali ini. Semoga bermanfaat, dan apa yang kamu harapkan bisa segera dicapai. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Posting Komentar

Posting Komentar

Hai! senang bisa mendapat komentar darimu. 😊
Sok, kasih kritik maupun saranmu buat blog ini. Jangan nanggung, hajar aja!