h2amzOiq2Tn9rmGhajOa165fMKwBqbFxQjYwl3bC
Bookmark

Cara Mengetahui Judul Lagu dari Suara dengan dan Tanpa Aplikasi

cara mencari judul lagu
Pernah tidak, ketika scroll video di TikTok atau sosial media lain, kamu tertarik dan penasaran dengan lagunya? Tapi ketika bertanya di kolom komentar, tidak ada jawaban dari siapapun. Jika kamu kebingungan dan penasaran, ada lho, cara mengetahui judul lagu dari suara saja. Baik online tanpa aplikasi, maupun dengan bantuan aplikasi.

Di sini saya akan membahas dua cara yang terbukti ampuh mencari judul lagu dengan suara saja. Yaitu melalui situs website dan aplikasi yang sangat populer untuk menyelesaikan masalah di atas. Silakan simak uraiannya di bawah ini.


1. Cara Mencari Judul Lagu dengan Suara Melalui Situs AudioTag.info

cara mengetahui judul lagu online
AudioTag.info merupakan sebuah website yang berfungsi untuk mengidentifikasi hampir seluruh judul lagu di seluruh dunia. Dengan hanya mengunggah suara atau audio berdurasi 15-45 detik saja, kamu bisa menemukan lagu yang dicari.

Ada beberapa opsi yang disediakan AudioTag untuk mencari judul lagu, yaitu:


Upload and recognize from file

Opsi pertama yang bisa dicoba untuk mencari judul lagu adalah dengan mengunggah audio atau suara lagu yang ingin dicari. Cukup menyiapkan file audio berformat MP3, WAVOGG, FLV, MP4 dan format berisi audio lainnya. Upload file tersebut ke situs audiotag.info, dan tunggu prosesnya selesai. Jika sudah, nanti akan muncul informasi lagu yang telah diunggah tadi.


Recognize from direct link

Jika kamu belum memiliki file audio lagu yang ingin dicari, atau malas mengunduhnya, kamu bisa juga menggunakan direct link. Pada opsi ini, kamu cukup menyiapkan tautan atau link yang mengarah ke audio atau video tujuan.

Namun sayangnya, audiotag.info ini hanya mendukung beberapa sumber situs populer saja, yakni YouTube dan Coub. Berarti, tautan lain seperti TikTok, belum bisa terbaca oleh sistem di situs tersebut.


2. Cara Mencari Judul Lagu dengan Aplikasi Shazam

mencari judul lagu online
Aplikasi Shazam ini sangat populer untuk membantu mencari judul lagu yang tidak diketahui. Bahkan aplikasi ini jauh lebih ampuh dibanding dengan cara di atas tadi. Namun, kamu harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Shazam tersedia di Play Store maupun App Store.

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi Shazam, silakan buka aplikasinya. Setelah itu, klik COBA SEKARANG agar kamu bisa mendapatkan PopUp notifikasi jika Shazam telah menemukan audio yang dicari.

Kemudian, buka aplikasi atau pemutar lagu. Cari file yang berisi audio maupun video yang ingin kamu ketahui judul lagunya, lalu putar suara tersebut.

Secara bersamaan, buka aplikasi Shazam lalu ketuk logo Shazam yang ada di tengah. Khusus untuk video, kamu harus membuka terlebih dahulu aplikasi Shazam-nya. Ketuk logo Shazam yang ada di tengah, kemudian silakan minimize aplikasinya. Setelah itu buka videonya, dan putar.

Aplikasi Shazam akan mendeteksi suara yang keluar dari speaker di HP kamu. Jadi, maksimalkan volume speaker ponsel milikmu, dan jangan menggunakan headset, ya.

Setelah proses selesai, nantinya kamu akan mendapatkan notifikasi berisi informasi judul lagu yang sedang kamu cari. Jika ternyata tidak sesuai dengan keinginanmu, silakan ulangi kembali tahapannya. Sebab biasanya perlu beberapa kali agar Shazam bisa mengidentifikasi lagu dengan tepat.

Agar proses identifikasi lagunya sesuai dengan apa yang kamu cari, usahakan menggunakan audio yang tidak tercampur dengan suara lain. Namun jika tidak memilikinya, kamu bisa menggunakan situs pemisah atau penghilang vokal pada audio.

Sekian tutorial singkat cara mengetahui judul lagu dari suara online dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Semoga lagu yang kamu cari bisa ditemukan, dan kamu bisa menikmatinya.

Posting Komentar

Posting Komentar

Hai! senang bisa mendapat komentar darimu. 😊
Sok, kasih kritik maupun saranmu buat blog ini. Jangan nanggung, hajar aja!