h2amzOiq2Tn9rmGhajOa165fMKwBqbFxQjYwl3bC
Bookmark

5 Destinasi Wisata Bali yang Menarik Buat Kamu Kunjungi

destinasi wisata bali

Ngomongin soal Bali, tentu saja tidak lepas dari tradisi-tradisi unik serta pemandangan alam indahnya. Saking unik dan indahnya, Bali sudah menjadi tempat favorit dan impian bagi wisatawan lokal hingga mancanegara. Destinasi wisata Bali yang tersebar di beberapa tempat, juga bisa jadi opsi lain untuk kamu sambangi jika sudah bosan di lokasi lain.

Nah, supaya kamu tidak terlalu bingung dengan banyaknya pilihan, berikut adalah 5 Destinasi wisata di Bali yang menarik buat kamu kunjungi.


Pulau Nusa Ceningan

wisata di bali terbaru
triptrus.com

Pulau Nusa Ceningan merupakan pulau terkecil dari tiga gugusan kepulaun di Nusa Penida atau sering disebut “Trio Nusa”. Meski menjadi yang terkecil, pulau ini juga memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, lho!

Dengan hanya berkeliling mengendarai motor sekitar 3-4 jam, kamu akan langsung disuguhkan oleh pemandangan birunya lautan dan hijau pepohonan.

Seperti pada umumnya Bali, di Nusa Ceningan juga memiliki beberapa pura yang menjadi tempat suci masyarakat di sana. Di antaranya Pura Tri Adi Sakti, Pura Batumelawang, Pura Tirta Dalem Buhu, dan Pura Bakung. Untuk kamu yang beragama Hindu, bisa tuh, dikunjungi sebagai wisata religi.

Bosan main di darat? datangi saja Ceningan Secret Beach. Disana kamu bisa puas berenang di lautan yang jernih, dengan bonus pemandangan indah berkualitas ala pulau dewata. Selain itu kamu bisa juga melakukan snorkeling di Pantai Blue Lagoon Bali, dan menikmati keindahan alam bawah laut di sana.

Mau menikmati wisata ekstrem juga bisa dilakukan di Pulau Nusa Ceningan lho! Abyss Zipline Ceningan Island Resort menyediakan fasilitas flying fox yang berada di atas permukaan air.

  • Lokasi: Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga Tiket: Gratis (tiket masuk)

Neka Art Museum

destinasi wisata di bali
nekaartmuseum.com

Apakah kamu penggemar wisata seni, dan kebetulan sedang ingin pergi ke Bali? Sepertinya, Neka Art Museum ini sangat bisa jadi rekomendasi wisata yang wajib kamu kunjungi.

Di sana terdapat banyak sekali karya-karya seni buatan seniman lokal maupun mancanegara. Seperti Affandi, S. Sudjojono, Srihadi-Soedarsono, Abas Alibasyah, Donald Friend, Theo Meier, Chang Fee-Ming, dan masih banyak lagi.

Terdapat berbagai macam koleksi dari berbagai genre karya seni. Mulai dari lukisan, patung, fotografi, hingga barang-barang antik nan estetik. Kamu bisa menikmati keindahan karya-karya mereka, sambil memaknai seni tersebut dari berbagai sudut pandang yang kamu mau.

  • Lokasi: Jalan Raya Sanggingan Campuhan, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar
  • Jam Buka: 09.00-17.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp 150.000 (dewasa), Rp 75.000 (pelajar), Rp 75.000 (10-17 tahun), Gratis (di bawah 10 tahun)

Bali Bird Park

jalan-jalan di bali
balisaritour.com

Destinasi wisata di bali yang bagus dan menarik selanjutnya adalah, Bali Bird Park. Seperti namanya, kebun binatang ini berfokus pada jenis-jenis burung. Terdapat lebih dari 1.300 burung dan 250 spesies. Mulai dari Hyacinth Macaw, Kasuari gelambir tunggal, Blue & Gold Macaw, Ibis Merah, Burung Beo Abu-Abu Afrika, Flamingo Merah Muda, Bangau Mahkota Kelabu, Burung Hantu Elang dan berbagai jenis burung lainnya. Namun, selain spesies burung, ada juga kok beberapa jenis hewan lainnya. Salah satu yang bisa kamu temukan di sana, adalah komodo.

Terdapat pula berbagai pertunjukan yang menambah keseruan wisata alammu di sana. Seperti Pertunjukan Penerbangan Burung di Bali Rainforest, memberi makan burung-burung, Pojok Guyu Guyu (pertunjukan burung beo dan kakaktua), hingga bioskop 4D tentang film bertemakan burung. Bali Bird Park bisa jadi tempat main di bali yang super menyenangkan untuk si kecil juga. Seru, kan? Buruan coba!

  • Lokasi: Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Gianyar
  • Jam Buka: 09.00-17.30 WIB
  • Harga Tiket: Rp 192.500 (Anak-anak), Rp 385.000 (Dewasa), Gratis (0-2 tahun dan orang berkebutuhan khusus)

Mandala Wisata Wenara Wana

jalan jalan di bali
wahananews.co

Mandala Wisata Wenara Wana adalah salah satu wisata di Bali yang terkenal dengan Candi dan monyet ekor panjangnya. Terdapat ratusan kera yang sengaja dibebaskan di Ubud Monkey Forest Bali untuk bisa berinteraksi dengan para pengunjung di sana. Jadi, selain menikmati keindahan bangunan candi, kamu juga bisa melihat-lihat banyak kera yang berkeliaran di sana. Kalau beruntung, bisa saja salah satu kera tersebut mau menaiki punggungmu dan diajak foto bersama.

Di area Mandala Wisata Wenara Wana, terhampar cagar alam dengan hutan yang rindang dan masih asri. Udara sejuk, bangunan antik, dan ratusan monyet berkeliaran, menjadi daya tarik tersendiri dari wisata alam yang satu ini.

  • Lokasi: l. Monkey Forest, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar
  • Jam Buka: 09.00-17.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp 20.000 - Rp 80.000

Desa Trunyan Kintamani

wisata alam bali
idntimes.com

Jika kamu bosan dengan destinasi wisata yang itu-itu saja, Desa Trunyan Kintamani ini boleh jadi opsi untuk kamu kunjungi, ketika ingin berlibur ke Bali. Sebab, tempat ini memiliki daya tarik tersendiri yang sangat jarang ditemui.

Hal unik yang bisa kamu temukan di Desa Trunyan adalah tradisi yang bernama Mepasah. Ketika biasanya orang yang sudah meninggalkan dunia ini dikubur di tanah, masyarakat di sana justru sebaliknya. Orang tersebut akan ditidurkan atau diletakkan di atas tanah dengan hanya sedikit cekungan, di atas sebuah pohon. Namun perlu diketahui, adat tersebut tidak sembarangan dilakukan. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memenuhi syarat melakukan tradisi tersebut. Meskipun terasa horor, namun sensasi menyaksikan tradisi unik Mepasah, bisa jadi daya magis tersendiri di sana.

Tapi tenang saja, keindahan alam di sana juga bisa sangat memuaskan mata juga, kok. Kamu bisa menyewa perahu, dan berkeliling danau Batur, sembari merasakan kesejukan yang diberikan alam Desa Terunyan. Selain itu, terdapat pula pemandian air panas Toyadevasya, jika kamu ingin menyegarkan badan. Atau bisa juga mendaki Gunung Batur, untuk menyaksikan panorama matahari terbit di atas sana.

  • Lokasi: Desa Terunyan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
  • Jam Buka: 24 jam
  • Harga Tiket: Rp 1.000.000 untuk 7 orang, Rp 900.000 untuk 4 orang, Rp 750.000 untuk 2 orang (harga tersebut sudah termasuk sewa perahu menuju lokasi, wisata ke pemakaman, dan beberapa fasilitas lainnya)

Itulah beberapa destinasi wisata Bali yang bisa kamu kunjungi ketika ada rencana libur ke sana. Silakan pilih tempat wisata yang menarik untuk kamu sekeluarga, sesuai dengan ketertarikanmu sendiri. Have fun, dan selamat liburan!

Posting Komentar

Posting Komentar

Hai! senang bisa mendapat komentar darimu. 😊
Sok, kasih kritik maupun saranmu buat blog ini. Jangan nanggung, hajar aja!