h2amzOiq2Tn9rmGhajOa165fMKwBqbFxQjYwl3bC
Bookmark

Cara Mudah Merawat Powerbank Magsafe Agar Awet

cara merawat powerbank magsafe

Powerbank saat ini menjadi salah satu barang yang banyak dibutuhkan mengingat mobilitas pengguna smartphone yang semakin beragam. Apalagi jika Anda menggunakan iPhone dan berencana melakukan suatu perjalanan, maka powerbank menjadi barang wajib yang harus dibawa.

Ada banyak pilihan powerbank terbaik yang kian marak dipasaran mulai dari powerbank konvensional hingga magsafe. Namun disamping perlu memilih powerbank untuk iPhone cocok, pengguna juga harus mengetahui cara merawatnya agar awet. Simak ulasan berikut untuk mengetahui cara merawat powerbank magsafe.


Cara Mudah Merawat Powerbank

1. Isi Ulang dengan Bijak

Penggunaan powerbank biasanya cukup mendadak tetapi juga diperlukan saat kondisi yang penting. Oleh karena itu, sebelum menghadapi kondisi tersebut pastikan Anda mengisi ulang powerbank agar bisa segera digunakan saat kondisi darurat.

Penting untuk mengisi daya saat powerbank dalam kondisi low yang biasanya ditunjukkan pada indikator kapasitas baterai. Saat sudah ada peringatan akan kehabisan daya tersebut, segera isi ulang powerbank dan jangan sampai membiarkannya kosong.

Apabila powerbank dibiarkan kosong dalam keadaan lama, maka akan semakin berat menarik daya dari sumber listrik. Apalagi jika powerbank dibiarkan berkali-kali, maka bisa mengganggu stabilitas komponen yang ada pada powerbank.


2. Hindari Over Charging

Kebiasaan yang sulit dihindari adalah ketika harus rajin memantau persentase selama isi ulang powerbank. Terkadang sebagian orang malah membiarkan isi ulang powerbank dengan ditinggal tidur sehingga mengakibatkan over charging. Apalagi tidak semua powerbank memiliki fitur perlindungan jika pengisian baterai telah selesai.

Overcharging mungkin juga bisa membuat perangkat powerbank menjadi panas dan mengganggu komponennya. Jika dibiarkan secara terus menerus, kinerja powerbank dapat menurun atau bahkan bisa rusak. Oleh karena itu, pastikan untuk menghentikan pengisian daya ketika lampu indikator penuh atau saat angka indikator menunjukkan 100%.


3. Hindari Menggunakan Ponsel saat Pengisian Daya

Kebiasaan lain yang dinormalisasi adalah menggunakan ponsel selama pengisian daya menggunakan powerbank. Jika Anda adalah salah satunya, hentikan kebiasaan berbahaya ini karena dapat berakibat fatal.

Saat ponsel digunakan sambil tersambung dengan powerbank, arus listrik menjadi tidak stabil. Jika berlangsung dalam waktu lama, aliran listrik yang tidak stabil ini membuat baterai pada powerbank menjadi cepat habis.


4. Hindari Benturan dan Tempat Panas

Powerbank memang difungsikan untuk mengisi daya di tempat-tempat yang jauh dari jangkauan listrik sehingga bisa digunakan dimana saja. Meski demikian, bukan berarti Anda bebas menggunakan powerbank tanpa memperhatikan kondisi sekitar. 

Sebagaimana perangkat elektronik lain, powerbank juga harus dihindarkan dari lingkungan panas baik suhu yang terlalu panas maupun paparan sinar matahari. Sebab jika powerbank dibiarkan terpapar panas maka dapat merusak baterai maupun komponen lain dari powerbank.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga powerbank dari benturan ketika membawanya selama bepergian. Meski setiap powerbank selalu dibekali dengan body yang kuat dan jaminan penggunaan tetapi bukan berarti pengguna bebas. Apalagi pada powerbank magsafe yang memiliki sisi magnet yang harus dijaga serta aneka komponen internal yang tidak terlihat.


5. Menjaga Kebersihan Powerbank

Kebersihan powerbank juga menjadi salah satu cara yang wajib dilakukan jika ingin memiliki masa panjang penggunaan. Selain agar enak dipandang, kebersihan powerbank juga berdampak pada kinerja yang akan diberikan. Misalnya jika terdapat kotoran pada port input-output atau pada sisi magnet powerbank magsafe maka fungsinya akan terganggu.

Apalagi untuk membersihkan powerbank juga bukan sebuah pekerjaan yang sulit sehingga bisa dilakukan setiap saat. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan tisu atau lap setengah basah dan mengusapnya pada bodi powerbank. Sedangkan untuk beberapa sisi yang tidak terjangkau seperti pada tiap porti, maka bisa menggunakan cotton bud.


Rekomendasi Powerbank Magsafe untuk iPhone: Vivan VPB-P20

rekomendasi powerbank magsafe
Powerbank Vivan VPB-P20 hadir dengan kapasitas besar 20.000mAh dan dilengkapi built-in kabel lightning dan type-c, memudahkan Anda mengisi daya tanpa perlu membawa kabel tambahan. Dengan dua port USB tambahan, Anda bisa mengisi tiga perangkat sekaligus, didukung pengisian cepat hingga 22.5Watt berkat teknologi PD+QC3.0. Indikator LED memudahkan Anda memantau kapasitas baterai, sementara desain ringan 369 gram membuatnya mudah dibawa ke mana saja, termasuk di kabin pesawat.

Dengan garansi 18 bulan, Vivan VPB-P20 memastikan keamanan dan kualitas yang bisa diandalkan. Powerbank ini adalah pilihan sempurna untuk kebutuhan pengisian daya sehari-hari dan saat bepergian, memberikan solusi praktis dan efisien bagi pengguna yang aktif dan mobile.


Posting Komentar

Posting Komentar

Hai! senang bisa mendapat komentar darimu. 😊
Sok, kasih kritik maupun saranmu buat blog ini. Jangan nanggung, hajar aja!