Cara Membuat Mockup Tshirt Simple di Android, Hanya Satu Aplikasi!

mockup tshirt simple di android
Cara membuat tshirt simple, kini bisa kamu lakukan di smartphone Androidmu. Hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja, bernama Mockitup. Tidak perlu download file mockup yang kadang ratusan mb, tidak perlu skill editing gambar di atas rata-rata, dan tentunya tidak perlu laptop atau PC yang tidak banyak orang punya. Cukup di satu aplikasi Android saja.

Oh iya, bagi yang belum paham mockup itu apa? Saya akan jelaskan dahulu secara singkat saja.

Mockup secara sederhana, bisa diartikan sebagai visualisasi atau gambaran desain grafik, jika dipasang ke dalam sebuah benda atau produk nyata. Produknya bisa berupa tshirt, mug atau gelas, topi, jaket, dinding, mobil, bahkan hingga pesawat. CMIIW.

Gimana? Sudah pahamkan? Semoga saja. So, bagaimana cara membuat mockup simple di Android? Mari kita masuk!

Seperti biasa, sebelum kamu mengeksekusi karya desainmu menjadi berbagai macam mockup, download atau unduh terlebih dahulu aplikasi mockup-nya. Klik saja di sini: Generator Maker Mockitup - Desain, Kemeja, dan Lainnya.

Memilih Mockup dan Fitur-fitur Mockitup

Buka aplikasi Mockitup di gawaimu. Pilih mockup yang kamu butuhkan di menu Template. Karena kita akan membuat tshirt, maka pilih saja Clothes. Kamu bisa langsung memilih rekomendasi dari Mockitup di beranda, atau klik ALL di sebelah kanan, untuk mockup yang lebih bervariasi.

Setelah memilih mockup tshirt favoritmu, kamu akan langsung diarahkan ke tampilan pengeditan. Terdapat beberapa fitur yang bisa kamu gunakan di sana.

Di bagian bawah, terdapat fitur Templates untuk mengubah tampilan mockup, Image untuk memasang logo di tshirt, Color untuk mengubah warna tshirt, Graphic, Text, Doodle dan Brush.

Sedangkan di bagian atas, terdapat fitur dengan ikon tanda tanya di tengah lingkaran (untuk membantumu jika kamu bingung cara mengedit di sana), ikon mata sebagai pratinjau tampilan mockup, dan tentu saja fitur SAVE.

Untuk membuat tshirt simple, kamu cukup menggunakan fitur Image dan Color saja. Silakan gunakan fitur yang lain, sesuai kebutuhanmu. Ulik sendiri, biar seru! Hehe.

Menambahkan Desain ke Tshirt

Tambahkan gambar atau desainmu dengan mengeklik Image, atau pencet tulisan UPLOAD YOUR IMAGE di tshirt-nya langsung. Nanti kamu akan diarahkan pada tiga pilihan. Design Tempts untuk kamu yang belum punya desain sama sekali, Symbol, dan Photo. Silakan klik saja Photo.

Klik tulisan ALL di atas bagian tengah, untuk memilih folder tempat desainmu berada. Kemudian klik saja gambarnya. Desainmu akan langsung menempel di tshirt pilihanmu.

Silakan sesuaikan ukuran dan posisi desainmu. Terdapat empat persegi untuk mempermudah pemosisian. Awas, Jangan sampai keluar kotak ya! Sebab kotak tersebut juga merupakan batas desainmu, bisa terlihat jelas di tshirt. Kalau dipaksa keluar, desainmu akan otomatis terpotong.

Mengubah Warna Tshirt

Langkah selanjutnya, ubah warna tshirt sesuai keinginan. Klik Color di bawah. Saran saya, supaya lebih elegan, jangan sampai tabrak warna dengan desain. Supaya lebih kece hasilnya.

Di fitur Color, klik ikon yang saya lingkari warna merah, untuk memasukan kode warna. Bagaimana cara menemukan kode warna? Silakan baca Mengubah Warna Logo di PixelLab. Ada di sana!

Selain itu, fitur Color juga menyediakan sub-fitur lain. Yaitu Gradient, pattern, dan Setting. Sekali lagi, ulik sendiri, biar seru!

Jika tidak mau repot-repot mencari kode warna, kamu bisa memilih beberapa warna rekomendasi dari Mockitup. Scroll untuk memilih berbagai macam warnanya. Atau, kamu juga bisa mengeklik ikon yang dilingkari warna biru muda, untuk memilih warna, langsung dari desain tshirt.

Setelah selesai, klik ikon mata illuminati di menu paling atas. Lihat, apakah desainmu sudah sesuai keinginan atau masih kurang detail. Jika sudah sesuai harapan, langsung save saja hasilnya. Atur FORMAT (PNG atau JPEG), juga SIZE atau ukurannya. Kemudian SAVE, dan desainmu siap dipamerkan.

Langganan premium, untuk mockup yang lebih banyak


Seperti biasa, developer aplikasi pasti butuh pemasukan, sebagai hasil keringat membuat orang terbantu. Begitu pula pembuat Mockitup.

Kamu bisa berlangganan selama satu bulan, setahun, bahkan seumur hidup. Mulai dari Rp70.000 hingga Rp349.000. Termasuk sedang, meski saya agak khawatir dengan harga seumur hidupnya. Entahlah, kok bedanya tidak terlalu jauh dengan langganan tahunan, yang hanya 209rb-an saja. Kurang mahal, gitu.

Jika tidak berlangganan tidak apa-apa sebetulnya. Tapi ya, kamu harus ikhlas saja mockup-mu diberi watermark Mockitup.

Review Aplikasi

Sebelum mengunduh aplikasi Mockitup, agar kamu yakin saat ingin menginstalnya, Ruang eNIeR akan me-review-nya sedikit.

Sebagai aplikasi yang baru rilis November tahun lalu di Play Store, Mockitup sudah memiliki berbagai kebutuhan mockup sederhana. Selain tshirt atau Clothes, kamu juga bisa memasang desaimmu dengan mockup lain di sana. Seperti Mug & Cup, Frame, Phone Case, Suitcase, Bag, Ad Board atau papan iklan, Kendaraan atau Vehicle, dan masih banyak lagi.

Namun sekali lagi, Mockitup hanya untuk membuat desain mockup sederhana saja. Kenapa?

Sampai saat ini, sampai update terbaru tangga 22 Juni, Mockitup hanya bisa memasang atau menempel hanya satu desain grafis saja. Memang sih, ada fitur Graphic sebagai jalan keluar dari masalahnya. Tapi, desain tambahanmu tidak akan menyesuaikan dengan lekukan di tshirt. Sehingga terlihat datar dan tidak aestetik. Sebagai bahan pertimbangan, lihat perbedaannya di bawah ini:

desain mockup
Si maskot Ennie di kanan menyatu dengan mockup, Ennie di kiri kagak.
Selain itu, Mockitup juga masih agak sedikit sulit untuk melakukan pengeditan. Belum adanya fitur zoom in dan zoom out, pada gambar mockup, sedikit membuat saya kesusahan saat ingin mengecilkan desain logo sesuai keinginan. Tapi sebetulnya itu tidak terlalu masalah, asal kita mau sedikit berusaha saja.

Terakhir, varian mockup Clothes di Mockitup, tidak banyak menyediakan tampilan tanpa manusia. Karena tidak sedikit, yang menginginkan desain mockup-nya hanya menampilkan produk tanpa model saja. Mockitup kurang memperhatikannya.

Itulah sajian konten ngilmu yang bisa Ruang eNIeR bagikan untukmu. Meski masih memiliki kekurangan di beberapa aspek, namun Mockitup sudah sangat cukup untuk digunakan sebagai aplikasi membuat mockup simple di Android. Hasil desainnya juga tak mengecewakan. Selamat berkreasi ya, teman-teman!
Nandar IR

Calon penulis, menyukai videografi, dan hobi berpikir di kala rebahan. Harus kenal dekat dulu, baru asyik diajak ngobrol. Bukan berarti bersikap dingin, hanya kurang percaya diri memulai obrolan.

6 Komentar

Hai, senang bisa mendapat komentar darimu! 😊

  1. Keren mas,
    Terimakasih ngilmunya.

    BalasHapus
  2. wah keren juga ya mas nandar...
    kalau ini dibisniskan anak muda misal kuliahan dan berbekal apps ini pasti bisa lumayan buat nambah nambah tabungan...itu pas dicobain pake logo enier juga jadinya bagus..ijobada logonya blog ini...makasih sharing appsnya ya..jadi tahu ada apps ginian ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lumayan banget Mbak Gus. Bisa ngasilin duit, asal ada niat aja.
      Kembali kasih Mbak, semoga bermanfaat.

      Hapus
  3. Wah kebetulan ini, praktis banget. Kemarin habis bikin desain buat kaos juga, tapi cuma logonya doang, soalnya lagi males buka Photoshop dan ga punya mentahan mock up kaos polosnya. Jadi langsung kirim aja ke tempat produksiannya, padahal pengen ngatur ukurannya di kaos yg pas gimana. Otw langsung donlot Mockitup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya sih bukan karena males, tapi karena gakada laptop lagi. Udah rusak parah. Jadi terpaksa nyari cara lain, dan ketemulah Mockitup ini.
      Sok mas, langsung praktekin.

      Hapus
Lebih baru Lebih lama