h2amzOiq2Tn9rmGhajOa165fMKwBqbFxQjYwl3bC

Cara Membuat Email Baru di HP & Tips Agar Lebih Aman!

cara membuat email baru di hp

Cara membuat email baru di hp memang sangat mudah bagi sebagian orang. Namun tidak bisa dipungkiri, ternyata masih banyak juga yang awam atau belum mengetahui caranya. Sehingga ketika perangkat Android susah mengakses berbagai layanan Google, biasanya jadi kebingungan dan tidak tahu bagaimana mengatasinya.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit memberikan tutorial mudah cara membuat email baru di Gmail, yang sudah umum digunakan banyak orang.


    Mengapa Email Sangat Penting?

    Sebelum membahas cara membuat email baru di Gmail, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengapa email sangat penting dimiliki. Biar nambah pengetahuan dikit-dikit, lah. Hehe.

    Email atau dalam bahasa Indonesia disebut surel, pada awalnya memang hanya digunakan orang-orang untuk mengirim surat secara daring (online) saja. Namun lama kelamaan, dewasa ini email sudah bisa digunakan berbagai macam keperluan. Seperti membuat akun sosial media, syarat membuat data diri di dokumen kepemerintahan, syarat masuk kerja, membuat rekening bank, bikin alat pembayaran uang elektronik, dan sebagainya.

    Apalagi email, terutama Gmail sudah semakin sulit dibobol jika sandinya kuat dan kamu tahu cara setting-nya. Sehingga semua akun sosial media, hampir selalu menyarankan kita untuk mencantumkan email.

    Karena itulah, sangat disarankan untuk tidak sering gonta-ganti email. Kalau bisa, bikin satu kali seumur hidup. Karena kalau sudah menyangkut pekerjaan dan uang yang sudah tertaut email pribadi, ketika kamu lupa alamat email-nya, maka kamu akan keteteran sendiri. Ini berdasarkan pengalaman beberapa orang yang datang ke rumah saya, untuk menanyakan masalah email mereka yang sulit diakses.

    Apakah kamu butuh tips supaya email kamu lebih aman digunakan berlama-lama? Nanti sekalian saya bahas di bawah. Kita kembali lagi dulu ke pembahasan utama.


    Cara Membuat Email baru di HP

    Dulu, cara membuat email cukup merepotkan kalau hanya menggunakan hp saja. Sebab teknologi ponsel serta tampilan website belum secanggih sekarang. Butuh perangkat desktop atau laptop supaya bisa lebih mudah membuat surel. Apalagi saya masih ingat, dulu formulir pembuatannya jauh lebih ribet dan memakan banyak waktu.

    Namun seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat email di hp kini sangat mudah dan efisien. Pengisian formulir pendaftarannya pun lebih dipersempit sehingga tidak terlalu memusingkan. Hanya tinggal isi beberapa info pribadi, pilih alamat email, baca syarat dan ketentuan, selesai. Mudah banget!

    Buat kamu yang masih kebingungan cara membuat email bagaimana, tenang, saya akan membahasnya sesederhana mungkin. Sampai kamu paham caranya bagaimana.

    Oh iya, sebelum ke pembahasan, perangkat yang saya gunakan sebagai contoh ilustrasi cara membuat email di hp ini adalah ponsel VIVO Y22 dengan Android versi 12. Kenapa saya perlu menjelaskan ini? Karena hampir semua perangkat memiliki setelan yang berbeda-beda. Baik itu letaknya atau nama menunya. Namun tenang saja, tujuannya tetap mengarah ke arah yang sama dan seharusnya kamu tidak kebingungan ketika membuat email-nya.

    So, mari kita mulai saja ke pembahasan utamanya. Check it out!

    cara membuat email di hp
    (Ilustrasi untuk langkah 1 & 2)

    1. Buka Pengaturan atau Setelan (biasanya berbentuk ikon gerigi) di perangkat HP kamu

    2. Cari menu bernama Akun

    Seperti yang saya jelaskan di atas, tampilan Pengaturan atau Setelan di beberapa perangkat HP akan memiliki perbedaan. Namun pada intinya, carilah menu di Pengaturan yang memiliki nama Akun. Karena dapat dipastikan, perangkat Android versi berapapun memiliki menu tersebut.

    cara membuat email gmail
    (Ilustrasi untuk langkah 3 & 4)

    3. Pada tampilan menu Akun, klik Tambahkan Akun

    4. Setelah itu, karena kita akan membuat email baru, klik saja layanan Google yang bergambar ikon huruf G

    Biasanya, setelah mengeklik layanan Google tersebut kamu akan disuruh mengkonfirmasi pola atau sandi untuk melanjutkan. Hal itu terjadi jika sebelumnya kamu sudah mengatur pola atau sandi di perangkatmu. Masukkan saja pola atau kata sandi yang biasa digunakan saat membuka HP, untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

    cara membuat email di gmail
    (Ilustrasi untuk langkah 5)

    5. Jika sudah, kamu akan diarahkan ke tampilan login akun Gmail. Pada tahap ini, klik tulisan Buat akun

    Ketika mengeklik Buat akun, kamu akan disuruh memilih apakah untuk pribadi atau mengelola bisnis. Karena saya beranggapan kamu hanya ingin membuat email pribadi, maka klik saja Untuk diri sendiri.

    cara membuat email
    (Ilustrasi untuk langkah 6)

    6. Buat Akun Google

    Pada langkah ini kamu akan diminta memasukkan beberapa data diri atau informasi dasar seperti nama depan, nama belakang (opsional atau boleh tidak diisi), tanggal lahir, dan gender atau jenis kelamin.

    Isilah dengan benar, dan pastikan usia kamu berada di 14 tahun ke atas. Karena jika kamu mengisi tahun kelahiran di bawah 13 tahun, maka Google akan otomatis menghentikan proses pendaftaran dan menyuruhmu melakukan beberapa tahapan yang lumayan ribet.

    Jadi, sebaiknya kamu sudah berusia 13 tahun ke atas, ya! Kalau masih mau buat, silakan minta bantuan orang tua.

    cara membuat email baru
    (Ilustrasi untuk langkah 7)

    7. Pilih alamat Gmail Anda

    Pada tahap ini, pilihlah alamat email yang disarankan oleh Google. Biasanya terdapat 2 pilihan yang bisa kamu gunakan sebagai alamat email-mu nantinya. Cari yang paling kamu suka.

    Jika dirasa tidak ada yang cocok, kamu bisa membuat alamat email sendiri. Tulislah nama yang masih bisa digunakan. Karena jika ternyata nama alamat email yang kamu tulis tidak tersedia, maka Google akan memberikan peringatan "Nama pengguna tersebut telah digunakan. Coba yang lain."

    cara membuat email tanpa nomor hp
    (Ilustrasi untuk langkah 8 & 9)

    8. Buat sandi yang rumit

    Nah, selanjutnya kamu harus membuat sandi yang kuat atau rumit agar email yang dibuat jauh lebih aman nantinya. Tutorial cara membuat sandi yang bisa tahan terhadap pembajakan, sudah saya bahas di blog ini. Klik saja tulisan berwarna merah di atas.

    9. Tambahkan nomor telepon?

    Di sini kamu sebenarnya bisa memilih apakah akan menambah nomor telepon atau tidak, di akun email milikmu. Jika dirasa tidak perlu, maka cukup scroll ke bawah dan klik Lewati. Namun saran saya, tambahkan saja nomor telepon agar email-mu semakin kuat dan tidak kebingungan kalau terjadi lupa kata sandi email.

    Klik Ya, saya ikut agar kamu bisa menautkan nomor HP pribadimu. Untuk cara menambahkan nomor ke akun Gmail, akan dibahas di bawah.

    cara membuat email
    (Ilustrasi untuk langkah 10)

    10. Tinjau info akun Anda, serta Privasi dan Persyaratan

    Terakhir, kamu akan disuruh meninjau info akun. Gunanya supaya kamu lebih yakin dengan alamat email yang dibuat. Jika sudah pasti, klik Berikutnya. Setelah itu, Google juga melampirkan catatan privasi dan persyaratan penggunaan email di Gmail. Tapi sepertinya saya agak yakin kamu malas membacanya. Termasuk saya juga sih, hehe. Jadi ya sudahlah, langsung saja scroll ke bawah dan klik Saya setuju.

    Tunggu sampai Layanan Google memproses pembuatan email barumu. Jika sudah, maka akun email sudah siap digunakan. Kalau masih ragu, cek saja di menu Akun dan lihat apakah email yang kamu buat sudah muncul di sana, atau belum. Saya yakin sudah.


    Tips Supaya Email Lebih Aman digunakan

    Seperti yang sudah saya janjikan tadi, saya akan membagikan beberapa tips agar email yang sudah dibuat jauh lebih aman digunakan dan tidak sering gonta-ganti alamat email lagi.

    Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan, agar emailmu lebih aman digunakan.

    1. Buatlah alamat email dan kata sandi yang mudah diingat.
    2. Buatlah kata sandi yang kuat dan simpan atau catat sekalian di buku catatan harianmu.
    3. Setiap kamu mengganti HP baru, masukkan saja email yang sudah kamu buat. Jangan membuat email baru lagi. Jangan lupa juga untuk menghapus email di perangkat lama. Ingat ya, hanya menghapus email di HP lama saja, bukan data email-nya yang dihapus.
    4. Jangan sembarangan mendaftarkan email ke situs-situs yang dirasa ilegal, aneh, mencurigakan, palsu, scam dan berbahaya. Karena jika tidak awas, email kamu kemungkinan besar akan diambil orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi, hati-hati saja.
    5. Cantumkan email pemulihan milik orang tua atau saudaramu, dan jangan lupa tambahkan nomor telepon pribadimu

    Mencantumkan email pemulihan dan nomor pribadi sangat penting jika suatu saat nanti kamu tiba-tiba lupa sandi email. Karena kedua data tersebut akan digunakan pihak Google sebagai jalan memulihkan atau mengatur ulang kata sandi.

    Jadi, ketika kamu lupa sandi, kamu bisa mengatur ulangnya dengan menggunakan kedua data tersebut.

    cara membuat email baru

    Cara mencantumkannya sangat mudah juga. Ikuti langkah di bawah ini.

    • Buka aplikasi Gmail di HP kamu. Aplikasi ini seharusnya ada sebagai layanan default Android. Namun jika belum ada, cari saja di Play Store.

    • Setelah aplikasi terbuka, klik foto profil Gmail di sebelah kanan atas

    • Kemudian klik Kelola Akun Anda

    • Di sana kamu akan menemukan berbagai menu seperti Beranda, Info pribadi, Data & privasi, dan sebagainya. Swipe ke kiri, sampai menemukan menu Keamanan.

    • Jika sudah ketemu, klik menu tersebut kemudian scroll ke bawah sampai kamu menemukan Nomor telepon pemulihan dan Email pemulihan

    • Pada tahap ini, kamu akan diminta terlebih dahulu untuk memasukkan kata sandi email. Tinggal ketik saja, aman kok.

    • Setelah itu masukkan email atau nomor pemulihan, dan klik Selanjutnya

    • Kemudian, kamu akan diminta memasukkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor atau alamat email pemulihan yang dicantumkan tadi

    • Masukkan kode verifikasinya, dan email kamu sudah cukup aman dan bisa dipakai berlama-lama


    Sampai di sana dulu untuk tutorial cara membuat email baru di hp kali ini. Semoga kamu bisa memahami apa yang saya jelaskan di atas. Jika masih kebingungan, sangat boleh menanyakan masalahnya di kolom komentar. Jangan malu-malu.

    Dukung Via SAWERIA Jika artikelnya dirasa bermanfaat, kamu bisa traktir saya dengan mengeklik lambang hati di sebelah kiri. Semaunya saja, gak maksa. Semua traktiran, akan digunakan untuk kemajuan blogwww.nandarir.com. Terima kasih.
    Baca Juga
    Nandar IR
    Calon penulis, menyukai videografi, dan hobi berpikir di kala rebahan. Harus kenal dekat dulu, baru asyik diajak ngobrol. Bukan berarti bersikap dingin, hanya kurang percaya diri memulai obrolan.

    Mungkin Kamu Suka

    1 komentar

    Hai! senang bisa mendapat komentar darimu. 😊
    Sok, kasih kritik maupun saranmu buat blog ini. Jangan nanggung, hajar aja!