h2amzOiq2Tn9rmGhajOa165fMKwBqbFxQjYwl3bC

Cara Menggunakan Canva di Hp Android untuk Pemula

Ketika kamu menemukan artikel ini, bisa saya pastikan kamu adalah seorang pemula yang belum paham cara menggunakan Canva. Maka dari itu, kali ini saya akan membahas tutorial sederhana yang mungkin sedang kamu butuhkan hari ini.

Di era modern sekarang ini, urusan mendesain grafis digital memang sangat dipermudah dengan aplikasi Canva. Cukup buka aplikasinya di hp, cari-cari desain yang cocok, edit sedikit, selesai. Beda dengan dulu, yang harus selalu menggunakan komputer atau laptop. Pengerjaannya juga bisa dibilang ribet, karena butuh skill yang cukup bagus untuk tahu bagaimana cara pengaplikasiannya. Pasalnya, menu-menu yang disajikan terkesan terlalu banyak dan sulit dipelajari.

Oke, cukup basa-basinya, mari kita kembali ke pembahasan mengenai cara menggunakan canva di hp Android untuk pemula.


    Apa itu Canva?

    Sebelum kita membahas topik utama, bagusnya kamu harus mengenal terlebih dahulu apa itu Canva.

    Canva adalah alat desain grafis online yang dapat digunakan secara gratis. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan sepeserpun untuk menggunakan alat yang satu ini. Hanya cukup memiliki kuota data, kamu bisa menikmati hampir seluruh fitur di dalamnya.

    Kenapa saya bilang hampir? Karena Canva sendiri memberikan sedikit batasan penggunaan pada beberapa fiturnya, yang hanya bisa dipakai jika pengguna mau berlangganan. Tapi tenang, yang versi gratisannya masih terbilang cukup lengkap dan membantu pekerjaan desain kamu.

    Aplikasi yang dirilis bulan November 2017 di Play Store ini, bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis desain grafis apapun yang kamu perlukan. Seperti desain konten Instagram, banner YouTube, Thumbnail blog, bikin logo sederhana, resume, wallpaper, ppt atau powerpoint, story sosmed, dan masih banyak lagi. Bahkan Canva bisa digunakan untuk mengedit video, dengan editing sederhana.

    Selain itu, Canva juga bisa digunakan di berbagai perangkat, seperti laptop. Jadi buat kamu yang ingin memakai aplikasi ini, tapi ingin terasa lebih profesional, kamu bisa menggunakannya di komputer milikmu. Untuk cara instal Canva di laptop, kita akan bahas di lain kesempatan saja ya.


    Cara membuat akun Canva di hp

    Sebelum memulai cara login Canva, hal pertama yang perlu kamu lakukan tentu saja menginstal aplikasi Canva. Jika belum mengunduhnya sama sekali, kamu bisa mengeklik link ini: Canva: Desain, Foto, dan Video

    Jika sudah selesai mengunduh, kemudian bukalah aplikasinya. Nanti kamu akan dihadapkan dengan tampilan seperti di bawah ini.

    Kamu bisa menggunakan beberapa pilihan untuk mendaftar akun di Canva. Bisa melalui email Google, Facebook, akun Microsoft, Clever, atau bisa juga dengan perangkat seluler (nomor hp). Pilih saja sesuai keinginan, yang sudah pasti tidak menyulitkan kamu nantinya.

    Misal yang dipilih adalah Google. Maka, klik saja Lanjutkan dengan Google. Kamu akan diarahkan ke tampilan Login dengan Google. Pilih saja email mana yang kamu inginkan.

    Setelah itu, Canva akan mengarahkanmu pada pilihan Coba Canva Pro secara gratis. Jika tertarik, klik saja Mari uji coba gratis. Kamu akan diberikan uji coba secara cuma-cuma selama 30 hari untuk menikmati layanan premiumnya. Namun jika dirasa belum perlu, maka klik mungkin nanti.

    Proses cara membuat akun Canva belum selesai sampai di sana. Kamu akan ditanya kembali, apa sebenarnya tujuan anda menggunakan Canva. Perusahaan besar, guru, pelajar, LSM atau yayasan amal, pribadi, atau UMKM? Pilih sesuai kriteria kamu, agar Canva bisa memahami apa yang kamu butuhkan nantinya.

    Langkah terakhir, kamu akan dihadapkan dengan pertanyaan, bolehkah kami terus berkabar? Pertanyaan ini dimaksudkan agar Canva bisa memberikan informasi menarik seperti tips, update terbaru, rekomendasi desain, dan sebagainya yang akan dikirim ke email yang kamu daftarkan. Jika dirasa tidak perlu, maka klik saja nanti. Tapi kalau butuh, pilih saja Ya, saya ingin berlangganan.

    Selamat! Kamu sudah bisa menggunakan Canva online gratis. Mudah bukan? Seharusnya begitu, sih.


    Fitur dan Kegunaan Canva

    Seperti yang sudah dijelaskan tadi, Canva ini memiliki banyak sekali fitur, dan kegunaannya. Aplikasi yang diluncurkan sejak 2013 ini bisa kamu gunakan untuk berbagai jenis desain grafis, seperti:

    • Papan Tulis

    • Konten Instagram (persegi)

    • Instastory atau story pendek di sosmed

    • Presentasi (16:9) atau membuat powerpoint (ppt)

    • Poster (tegak)

    • Wallpaper HP

    • Menu (tegak)

    • Sertifikat (lanskap)

    • Logo

    • Poster

    • Kartu Nama

    • Selebaran

    • Resume

    • Infografis

    • Thumbnail YouTube dan Blog

    • Edit video sederhana, dll.

    Banyak bukan? Nah, selain kegunaannya yang cukup lengkap, Canva juga memiliki fitur-fitur yang bisa memudahkanmu dalam mendesain di aplikasi tersebut. Berikut adalah beberapa di antaranya.

    1. Crop foto lingkaran. Gunanya untuk membuat fotomu menjadi bulat sempurna, tidak persegi lagi.

    2. Efek suara untuk video

    3. Video ke MP4

    4. Gabungkan foto

    5. Photo enhancer. Mengatur visual atau tampilan foto

    6. Pemotong video online

    7. Mengatur ukuran atau resolusi video

    8. Edit teks, font, dan efek font

    9. Elemen-elemen penambah tampilan desain supaya lebih menarik

    10. Berbagai template gratis yang bisa diedit

    11. Text to image

    12. Berbagai foto dan video gratis, dll.

    Sebetulnya masih banyak sekali fitur yang bisa kamu gunakan secara gratis di aplikasi Canva. Tinggal jelajahi saja sendiri, dan cobalah aplikasikan semuanya, supaya kamu tahu apa kegunaannya.


    Bagaimana Cara Menggunakan Canva di Hp?

    Sebenarnya, cara menggunakan Canva ini sangat mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun. Namun mungkin, kali ini saya akan memberikan sedikit contoh supaya kamu tahu apa sebenarnya kegunaan tombol-tombol yang ada di sana. Berikut adalah contoh cara menggunakan Canva.

    1. 1. Memilih desain

    Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja memilih desain yang diperlukan. Kamu bisa juga memilih desain kosong, jika ingin membuat story yang lebih original. Tapi karena kamu pemula, maka pilih saja rekomendasi dari Canva. Misal kita akan membuat sebuah story untuk mempromosikan karya tulis di blog. Maka, cari saja Kisah Anda yang bisa ditemukan dengan scroll ke bawah.

    Pilih template yang menarik buat kamu, lalu klik. Kamu akan diarahkan menuju tampilan editing.

    Kamu juga bisa memilih tema, gaya, dan warna template apa yang dibutuhkan. Misal tema diskon, ucapan, ilustrasi, fesyen, bisnis, dan sebagainya.

    2. Mulai mengedit Template Canva

    Setelah memilih template yang menarik, mulailah mengedit tampilannya. Kamu bisa mengedit teks, foto, efek, elemen, dan sebagainya.

    Untuk mengedit teks, klik saja teks yang akan kamu ubah. Setelah itu, klik sunting, dan mulailah menulis.

    Untuk mengubah gambar, klik gambarnya dan pilih tombol Ganti. Nanti kamu akan diarahkan pada fitur-fitur di Canva. Klik tombol Foto untuk beberapa gambar gratis yang disediakan Canva, atau Galeri jika kamu ingin menggunakan foto sendiri. Kamu juga bisa mengubah kecerahan, kontras, efek, dan warna foto jika diperlukan.

    Jika kamu ingin menambah elemen-elemen lain pada desainmu, maka kamu tinggal mengeklik tombol (+) warna ungu yang ada di pojok kiri bawah. Klik elemen, dan cari saja elemen yang kamu butuhkan. Kamu bisa menggunakan keyword atau kata kunci biasa, atau mungkin keyword Canva bertema yang lebih khusus.

    3. Save atau simpan hasilnya

    Jika dirasa hasilnya sudah sesuai dengan keinginanmu, maka langkah terakhir tentu saja menyimpannya ke perangkatmu.

    Klik ikon yang ada di paling pojok kanan layar atas di ponselmu. Tekan tombol unduh, pilih jenis file yang diperlukan (disarankan menggunakan jenis file .png agar hasilnya lebih baik), dan klik tombol unduh yang berwarna ungu. Tunggu proses penyiapan desainnya beberapa saat, dan hasil desainmu siap dipamerkan di story sosmed milik kamu.

    Bagaimana? Tidak terlalu pusing bukan? Sekali lagi, sebenarnya cara menggunakan Canva itu tidak terlalu pusing. Kamu hanya tinggal mengulik beberapa fiturnya saja, dan biarkan Canva merekomendasikan hasilnya untukmu. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai fitur-fitur lain, boleh kok, nanya di kolom komentar. Jadi, mulailah berkreasi sekarang juga!

    Dukung Via SAWERIA Jika artikelnya dirasa bermanfaat, kamu bisa traktir saya dengan mengeklik lambang hati di sebelah kiri. Semaunya saja, gak maksa. Semua traktiran, akan digunakan untuk kemajuan blogwww.nandarir.com. Terima kasih.
    Baca Juga
    Nandar IR
    Calon penulis, menyukai videografi, dan hobi berpikir di kala rebahan. Harus kenal dekat dulu, baru asyik diajak ngobrol. Bukan berarti bersikap dingin, hanya kurang percaya diri memulai obrolan.

    Mungkin Kamu Suka

    1 komentar

    Hai! senang bisa mendapat komentar darimu. 😊
    Sok, kasih kritik maupun saranmu buat blog ini. Jangan nanggung, hajar aja!