h2amzOiq2Tn9rmGhajOa165fMKwBqbFxQjYwl3bC
Bookmark

Begini Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Google Drive

cara mengembalikan file di google drive yang terhapus permanen
Pernah tidak, kamu merasa menyesal menghapus permanen beberapa file di Drive? Sehingga kamu sangat ingin memulihkan data tersebut. Namun, setelah mencari di Google, kebanyakan jawabannya kurang memuaskan. Karena kebanyakan hanya membahas cara me-restore data dari trash atau sampah saja. Jika sudah tidak ada di sampah, maka tidak bisa dipulihkan kembali, katanya. Nah, untuk kamu yang mencari cara mengembalikan file yang terhapus permanen di Google Drive , kamu beruntung bisa menemukan tulisan ini.

Pada artikel ini, saya akan memberikan rahasia bagaimana caranya supaya file foto, video, maupun data-data penting lain di Google Drive, bisa kembali ke akun Drive milikmu. Bagaimana caranya? Begini caranya.


Cara Mengembalikan File di Google Drive yang Terhapus Permanen

Untuk cara mengembalikan data google drive yang terhapus permanen, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah masuk dulu ke akun Gmail, yang memiliki akses pada file yang terhapus di G Drive. Jangan menggunakan akun lain, ya. Langkah selanjutnya,


1. Kunjungi Bantuan Drive, ubah menjadi bahasa English (Inggris)

Pada halaman Beranda Bantuan Drive, apabila masih menggunakan bahasa Indonesia, ubah dulu menjadi bahasa Inggris. Langkah ini sangat perlu dilakukan, karena jika tidak, maka layanan yang bisa digunakan untuk pemulihan file yang terhapus permanen tidak akan muncul.

Untuk mengubah bahasanya menjadi bahasa Inggris, scroll layar komputer kamu hingga ke bawah. Nantinya, akan muncul gambar seperti di bawah ini.

cara mengembalikan file yang terhapus di google drive
Klik kotak yang terdapat tulisan “Indonesia”, kemudian pilih tulisan “English”. Jika langkah ini dilakukan dengan benar, maka akan muncul kontak “Contact Us” pada halaman Bantuan Drive yang berada di halaman paling bawah.

2. Klik “Contact Us”

Setelah muncul kotak Contact Us, langkah selanjutnya kamu tinggal klik menu tersebut. Nanti kamu akan diarahkan ke halaman Contact Us, seperti yang ada pada gambar di bawah ini.

cara mengembalikan data google drive yang terhapus permanen
Pada Step 1, kamu disuruh untuk menjelaskan kendala apa yang bisa dibantu oleh pihak Google Drive. Karena tujuanmu ingin mengetahui cara mengembalikan file drive yang terhapus permanen, maka ketikan saja atau salin kalimat di bawah ini:

please recover my permanently deleted file” (tanpa tanda kutip). Atau bisa juga menggunakan kalimat lain yang tujuannya tetap sama pada pemulihan file yang terhapus permanen.

Masih pada Step 1, nanti kamu akan disuruh memilih detail masalah yang dihadapi. Klik tulisan “Permanently deleted my file”, hingga tombol Next step berubah menjadi warna biru. Kemudian klik Next step.

Untuk Step 2, langsung saja klik Next step. Karena pilihan-pilihan bantuan pada Step 2 hanya akan mengarahkanmu pada halaman bantuan lain, bukan membantu menjawab masalahmu.

Setelah itu, pada Step 3 klik kotak yang bertuliskan Email dan logo kertas amplop. Di bagian Preferred language, biarkan saja tetap bahasa Inggris.

Setelah itu, akan muncul tombol yang bertuliskan “Request file recovery”. Klik tombol tersebut, dan tunggu hingga halaman bantuan berikutnya muncul.

Nantinya, kamu akan diminta untuk login ke akun Gmail yang memiliki akses pada Google Drive, yang berisi file yang kamu hapus permanen. Pada langkah ini, silakan masuk ke akun email milikmu.


3. Isi kolom pada halaman File Recovery 

cara mengembalikan file yang terhapus permanen di google drive
Pada halaman File Recovery, terdapat beberapa kolom yang harus kamu isi. Mulai dari First Name (nama depan), Last Name (nama belakang), dan lainnya.

Pada kolom nama depan dan belakang, biasanya akan otomatis terisi oleh nama default pada akun Gmail. Disarankan untuk tidak mengubahnya, dan biarkan saja sesuai dengan nama pada email Google.

Kemudian, pada pertanyaan "were these files deleted or removed from your trash in the last 25 days?" yang artinya "apakah file-file ini dihapus atau dibuang dari sampah Anda dalam 25 hari terakhir?" pilih saja Yes pada kolomnya. Sedangkan pada pertanyaan "What type of files are you trying to recover?" (jenis file apa yang Anda coba pulihkan?), pilih Photo and Video saved in Google Drive.

Sebenarnya, ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih pada pertanyaan kedua tadi. Silakan pilih tipe atau format file apa yang ingin kamu pulihkan. Berhubung judul artikel ini tentang cara mengembalikan file drive yang terhapus permanen, maka saya mencontohkannya seperti di atas.

Jika filenya berbentuk Docs, Slides, dan kawan-kawan, maka pilih Google Files such as: Docs, Slides, Sheets, Slides, Sites, or My Maps. Kalau belum paham dengan bahasanya, tinggal minta bantuan Google Translate untuk menerjemahkannya.

Langkah terakhir, ceklis pada tulisan I consent to allow Google to attempt to recover file(s) I permanently deleted from my Google Drive account. Kemudian klik tombol submit. Jika sudah selesai, maka kamu akan diarahkan pada halaman seperti gambar di bawah ini.

Tunggu hingga pemulihan file yang terhapus di Google Drive diproses. Prosesnya biasanya akan memakan waktu yang cukup singkat atau bahkan hingga 48 jam. Tergantung seberapa banyak dan seberapa besar ukuran file yang akan dipulihkan.

cara mengembalikan spreadsheet yang terhapus permanen
Jika sudah diproses dan berhasil dipulihkan, maka kamu akan mendapatkan pesan dari Google Drive melalui akun Gmail yang tertaut pada Drive. Cek file yang terhapus di folder asal pada Drive, apakah sudah terpulihkan atau justru belum. Jika belum, lakukan kembali langkah-langkah di atas, dan pastikan semua step dilakukan dengan benar.

Berapa lama file yang terhapus di Google Drive bertahan?

File yang kamu hapus dari Google Drive, akan bertahan hingga 30 hari pada menu Sampah atau Trash. Setelah melewati 30 hari, file tersebut akan terhapus secara permanen.

Sedangkan, untuk file yang terhapus permanen di Google Drive, aplikasi tersebut hanya akan menyimpan di database-nya selama 25 hari saja. Maka, apabila foto, video, maupun file lainnya sudah melewati 25 hari, Google Drive tidak bisa memulihkan data tersebut.

Selain itu, tutorial ini juga hanya bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer saja. Sehingga, untuk kamu yang ingin mencobanya melalui perangkat ponsel, Google Drive hanya akan menyuruhmu untuk melanjutkannya di komputer. Artinya, kamu tidak akan bisa melakukannya dengan perangkat mobile.

Itulah cara mengembalikan file drive yang terhapus permanen pada aplikasi Google Drive. Mudah, bukan?

Mulai sekarang, jangan terlalu panik ketika file di G Drive kamu tidak sengaja terhapus. Asalkan terhapus permanennya belum melebihi batas 25 hari, maka kemungkinan besar file tersebut masih bisa kembali ke tanganmu.

Semoga file foto, video, ataupun file lainnya yang tidak sengaja kamu hapus, bisa kembali pulih lagi, ya. Itu saja untuk tutorial cara mengembalikan file yang terhapus permanen di Google Drive. Jika ada pertanyaan, boleh komentar di bawah, dan sampai jumpa di kesempatan lainnya.

Posting Komentar

Posting Komentar

Hai! senang bisa mendapat komentar darimu. 😊
Sok, kasih kritik maupun saranmu buat blog ini. Jangan nanggung, hajar aja!