h2amzOiq2Tn9rmGhajOa165fMKwBqbFxQjYwl3bC
Bookmark

Cara Membuat G Form di HP, Mudah dan Tanpa Aplikasi

cara membuat g form
Cara Membuat G Form - Pernah tidak, kamu mendaftar atau mengisi sesuatu secara online, kemudian disuruh mengisinya di situs bernama Google Form? Entah itu pengisian tugas sekolah, kuesioner, polling atau jajak pendapat, hingga data diri untuk melamar kerja.

Kemudian kamu penasaran dan bertanya-tanya, apakah Google Form bisa dibuat dengan mudah hanya menggunakan HP? Gimana sih, cara buat Google Form di HP?

Jawaban dari kedua pertanyaan di atas adalah Ya, tentu saja. Oleh karena itu, di sini saya akan menjelaskan caranya hanya dengan beberapa langkah saja. Check it out!


Pengertian Google Form

apa itu google form
Sebelum menuju ke pembahasan utama, seperti biasa saya akan memberi tahu dulu apa itu Google Form. Supaya menambah sedikit pengetahuan umum kamu.

Google Form adalah salah satu produk Google yang dapat membantu kita untuk membuat sebuah survei, kuesioner, soal untuk tugas sekolah atau kuis, hingga pengisian lamaran kerja secara daring atau online.

G Form atau Google Formulir ini dapat membantu kita mendapatkan data secara real time atau langsung. Sehingga ketika ada yang mengisi Google Form yang kita buat dan menyelesaikan semuanya, kita dapat langsung mengetahui data yang orang tersebut isi di sana. Jadi, tidak perlu tuh, menunggu berkas hardfile dikirim ke kita, atau menunggu lama di ruangan.


Fungsi Google Form

Sebagai salah satu produk perusahaan seperti Google, Google Form tentu sangat bermanfaat untuk dunia kerja maupun pendidikan. Layanan ini dapat membantu mempermudah mendapat data-data tanpa harus mengumpulkan dokumen yang ditulis di kertas.

Berikut adalah beberapa fungsi Google Form yang harus diketahui:


1. Membuat kuesioner, polling, lamaran kerja, dan soal untuk siswa

Seperti yang sudah dibahas di atas, fungsi utama dari Google Form adalah membantu kita untuk membuat sebuah formulir kuesioner, polling, lamaran kerja, soal untuk siswa, dan sebagainya. Kita tidak perlu lagi membuat secara manual di Microsoft Word, yang kemudian dicetak untuk diisi manual dengan alat tulis.


2. Mengumpulkan data secara real time

Ketika kita membuat sebuah kuesioner yang harus diisi di atas kertas, kita tentu harus menunggu data tersebut diberikan langsung kepada kita. Kita harus menunggu di sebuah ruangan, sampai peserta terakhir selesai mengisi. Hal ini semakin mempersulit kita, jika kuesioner dibagikan secara langsung dari rumah ke rumah.

Nah, dengan Google Form, kendala tersebut bisa jadi jawaban untuk kita. Kita hanya cukup membagikan tautan G Form pada peserta, menunggu dan santai-santai di rumah. Nanti datanya akan masuk secara langsung ke akun kita jika yang mengisi data sudah selesai mengerjakannya.


3. Merapikan data yang terkumpul dengan cepat

Setelah semua data yang kita inginkan sudah terkumpul semua, kita bisa langsung merapikan data tersebut dengan mudah tanpa harus mengetik ulang isinya. Beda dengan kuesioner di kertas, yang kemungkinan harus diisi ulang kembali ke laptop.

Masih banyak fungsi lain yang bisa kita dapatkan dari Google Form. Silakan eksplorasi sendiri nanti, ya. Hehe…


Cara Membuat Google Form di HP

google formulir gratis
Cara bikin Google Form di HP ini sangatlah mudah, dan bisa dipraktikkan oleh siapapun. Kabar baiknya, kamu juga tidak perlu menginstal aplikasi apapun untuk membuatnya. Cukup mengandalkan browser (disarankan Chrome) di HP. Inilah langkah-langkah cara membuatnya:

      1. Masuk ke browser seperti Chrome, Mozilla, UC Browser, atau yang lainnya

      2. Klik tautan yang mengarah ke pembuatan G formulir di sini: Google Form

      3. Setelah itu, kamu akan diarahkan menuju halaman pengeditan formulir

      4. Silakan isi judul, deskripsi, pertanyaan, dan setelan sesuai kebutuhan.

Jika kamu masih agak bingung, di sini saya akan membuat contoh Google Form yang berisi soal-soal ulangan untuk siswa. Ingat ya, hanya contoh saja.

Untuk judul formulir, silakan klik bagian Formulir tanpa judul yang paling atas. Setelah selesai, klik OK atau Lanjut pada keyboard HP. Secara otomatis, Formulir tanpa judul yang hurufnya lebih besar akan berubah sesuai dengan judul yang dibuat tadi. Kamu bisa mengatur font judul maupun menambah link hidup, jika diperlukan.

Untuk deskripsi, kita isi saja dengan tujuan kuesioner atau soal. Bisa juga diisi dengan peraturan kuesioner.

Pada bagian Pertanyaan Tanpa Judul, isi dengan pertanyaan atau data peserta, seperti Nama, Alamat, Kelas, dan sebagainya. Kita bisa memilih opsi Pilihan Ganda, Jawaban singkat, Kotak centang, upload file dan yang lainnya, tergantung jenis isian.

Jika data yang dibutuhkan termasuk sangat perlu dan penting, klik Wajib diisi hingga berwarna ungu. Nantinya, jika soal tidak diisi, Google Form akan menolak seluruh data meskipun sudah menekan tombol Kirim. Data akan terkirim jika semua pertanyaan wajib telah diisi.

Untuk menambahkan soal, klik tanda (+) di sebelah kiri bawah. Ulangi langkah di atas tadi, sesuai dengan kebutuhan.

Kita juga bisa menambahkan tautan, gambar, hingga video YouTube. Sekali lagi, silakan isi sesuai kebutuhan G Form milikmu.

cara membuat google form dari hp

      5. Pada bagian pengaturan, silakan buat sesuai keinginanmu sebagai pembuat soal
      6. Sejak awal, Google Form sudah otomatis tersimpan di data Google Drive. Sehingga, tidak ada tombol apapun untuk menyimpan hasilnya
      7. Untuk mendapatkan tautan atau link Google Form, klik ikon rantai. Kamu bisa juga memperpendek tautan, jika memang dirasa terlalu panjang.
      8. Google Form selesai dibuat. Untuk melihat hasilnya, silakan paste dan kunjungi tautan yang sudah disalin tadi. Jika tidak sengaja kehilangan tautannya, kita bisa melihatnya kembali di Google Drive atau Google Workspace.

Jika ada yang sedang mencari cara buat google form di laptop, sebenarnya caranya sama saja seperti di atas. Yang membedakan hanya soal device saja. Silakan ikuti saja langkah-langkah di atas, menggunakan laptopmu.

Itu dia Cara Membuat G Form di HP, mudah dan tanpa aplikasi. Semoga bermanfaat dan membantu kamu, ya. Sampai ketemu lagi di tutorial-tutorial lainnya. Terima kasih.

Posting Komentar

Posting Komentar

Hai! senang bisa mendapat komentar darimu. 😊
Sok, kasih kritik maupun saranmu buat blog ini. Jangan nanggung, hajar aja!