h2amzOiq2Tn9rmGhajOa165fMKwBqbFxQjYwl3bC
Bookmark

Cara Menanggulangi Pencemaran Udara di Sekitar Kita

cara menanggulangi pencemaran udara
Cara menanggulangi pencemaran udara - Udara merupakan sumber daya alam yang sangat penting untuk kelangsungan hidup makhluk bernyawa. Entah itu hewan, tumbuhan, maupun kita sebagai manusia. Dengan adanya udara, semua makhluk hidup dapat terus melaksanakan seluruh kegiatannya tanpa masalah.

Meskipun terbilang tak kasat mata, udara haruslah tetap terjaga keasriannya. Sebab jika terjadi polusi udara, kehidupan di dunia pasti akan sangat menyiksa. Bayangkan saja ketika kita menghirup udara di sekitar api unggun yang penuh kepulan asap. Pengap, bukan? Bagaimana jika seluruh dunia dikepung asap yang pekat? Pasti mengerikan. Lantas…


Apa Sajakah Penyebab Pencemaran Udara?

apa yang menyebabkan pencemaran udara
Yang menjadi pertanyaan, apa sajakah penyebab pencemaran udara?

Banyak sekali faktor penyebab polusi udara yang bisa kita temukan. Mulai dari yang sepertinya remeh temeh, sampai sesuatu yang sudah sangat besar. Dari sekitar rumah, sampai di seluruh belahan dunia.

Berikut adalah beberapa penyebab pencemaran udara yang bisa ditemukan di sekitar rumah kita:


1. Asap rokok

Satu hal yang masih dianggap remeh oleh masyarakat kita, padahal dapat membuat polusi udara adalah asap rokok. Sebagian orang mungkin berpikir bahwa tidak masalah merokok sebatang dua batang saja. Toh, asapnya kecil juga, kok.

Masalahnya, mereka lupa bahwa asap-asap kecil itu dihisap oleh ratusan juta atau bahkan miliaran orang di seluruh dunia. Bahkan menurut data tahun 2022, setidaknya terdapat 1,1 miliar perokok aktif yang tersebar di penjuru dunia. Artinya, asap kecil itu jumlahnya miliaran dan menggunung di udara.

Jadi, masihkah menganggap itu hal kecil? Pikirkan baik-baik.


2. Kendaraan bermotor

Siapa nih, yang sudah memakai kendarann bermotor padahal belum memiliki KTP dan SIM? Tahu tidak, kendaraan bermotor juga bisa menjadi penyebab terjadinya polusi udara, lho.

Kendaraan bermotor dapat menyebabkan meningkatnya emisi Karbon Monoksida, Hidrokarbon, dan debu. Semua zat tersebut bisa menyebabkan lingkungan udara di sekitar menjadi tercemar.


3. Pembakaran sampah

Sampah yang berserakan di sekitar rumah memang tidak enak dipandang mata. Makannya, kita atau orang tua kita sering kali menyapunya kemudian membakarnya.

Lagi-lagi, pembakaran sampah tersebut menghasilkan asap pekat yang dapat merusak kebersihan udara. Ya, memang tidak sesering merokok, sih, tapi tetap saja sedikit demi sedikit menyumbang pencemaran udara maupun lingkungan.


4. Kegiatan Pertanian

Ternyata memakai zat pestisida untuk menumbuhkan tanaman dapat meningkatkan polusi udara juga, lho. Ketika zat tersebut disemprotkan ke tanaman, akan ada sisa bau dan partikel berbahaya yang masih tertinggal di udara. Hal tersebut tentu saja berdampak pada kebersihan udara.

Selain beberapa faktor di atas, ada juga hal-hal lain yang dapat menyumbang polusi udara, yang jauh lebih besar dan masif. Antara lain:

  1. Emisi kegiatan industri
  2. Kebakaran hutan
  3. Pembakaran bahan bakar fosil
  4. Proses pembusukan mikroba
  5. Aktivitas pertambangan
  6. Produk kimia dan sintetis
  7. Pembangkit listrik dan penggunaan listrik yang berlebihan
  8. Gunung meletus
  9. Penebangan hutan secara ilegal dan besar-besaran, tanpa melakukan penghijaunan kembali
  10. dll.

Coba, menurutmu, apakah ada faktor penyebab polusi udara lain yang belum disebutkan? Silakan komentar saja di bawah.


Cara Mencegah Pencemaran Udara di Sekitar Kita

solusi pencemaran udara
Kita belum perlu jauh-jauh memikirkan bagaimana cara menanggulangi polusi udara di seluruh dunia. Kita hanya cukup lihat saja dahulu keadaan lingkungan di sekitar rumah. Apakah masih terasa sejuk, atau sudah mulai pengap?

Banyak sekali hal positif yang bisa kita lakukan untuk mencegah pencemaran. Hal-hal kecil, yang bisa sangat berdampak besar bagi kebersihan lingkungan maupun udara. Efeknya bisa langsung dirasakan, atau mungkin terasa beberapa tahun ke depan. Apa sajakah itu?


1. Hindari merokok

Meskipun agak miris, kalangan remaja yang telah menjadi perokok aktif memang sudah susah diatasi. Padahal, selain merusak lingkungan udara, rokok dapat menyebabkan gangguan kesehatan jangka panjang juga. Apalagi jika sudah dikonsumsi sejak lama.

Jika kamu perokok, namun masih peduli pada diri sendiri maupun lingkungan, cobalah untuk berhenti perlahan. Pikirkan dampak buruknya terhadap pencemaran udara dan kesehatan diri sendiri maupun orang sekitar.

Merokok tidak sekeren yang diceritakan orang-orang. Tidak merokok juga bukan berarti kamu ketinggalan zaman. Justru merokok malah bisa membahayakan.


2. Mulailah mengendarai sepeda dan berjalan kaki

Apabila jarak antar rumah dan sekolah atau kantormu tidak cukup jauh, mulailah coba mengendarai sepeda atau jalan kaki kalau bisa. Selain lebih menyehatkan badan karena lebih banyak bergerak, berjalan kaki dan bersepeda dapat mencegah terjadinya pencemaran udara akibat kendaraan bermotor.

Selain itu, mengganti kendaraan bermotor dengan sepeda maupun berjalan kaki, pasti akan berdampak besar bagi keindahan alam dan jalanan besar. Bayangkan kalau jalan raya Indonesia seperti di Jepang, pasti vibes-nya jauh lebih menyejukkan.


3. Kurangi penggunaan barang atau produk sekali pakai

Sudah tidak bisa dipungkiri, kalau kantong plastik, minuman kemasan, makanan instan, dan produk sekali pakai lainnya, jauh lebih praktis, terlebih dalam keadaan terdesak. Namun, jika hal tersebut terus menerus dilakukan tanpa henti, sampah tentu akan terus menumpuk di sekitar rumah kita. Jika sudah begitu, salah satu solusi menghilangkannya pasti dengan membakarnya.

Dengan mengurangi penggunaan barang sekali pakai, bisa sedikit mencegah dan mengurangi pencemaran udara maupun lingkungan. Selain itu, kegiatan bersih-bersih rumah juga tidak akan terlalu memberatkan, bukan?


4. Mulailah menanam tanaman

Jika kita belum sanggup melakukan penghijauan massal di seluruh perkampungan atau bahkan satu Indonesia, maka mulailah menanam tanaman di sekitar rumah terlebih dahulu. Penuhi halaman rumahmu dengan tanaman-tanaman hias yang cantik dan sedap dipandang mata. Jika halamanmu cukup luas, kamu juga bisa menanam pohon yang tidak terlalu memakan banyak ruang, seperti pohon jeruk ataupun jambu. Jangan lupa, izin sama orang tua dulu, ya. Jika sudah mendapat izin, jangan lupa juga merawatnya baik-baik.

Biarkan halaman rumahmu dipenuhi tanaman indah nan sejuk. Biarkan pula tetanggamu iri melihatnya. Sssttt… siapa tahu dia ikut menanam tanaman di sekitar rumahnya, dan misimu mencegah pencemaran udara jadi menyebar luas kemana-mana.

Selain keempat solusi di atas, sebenarnya masih banyak lagi yang bisa kita lakukan untuk mencegah polusi udara, di antaranya:

  1. Hindari penggunaan listrik berlebihan
  2. Gunakan pupuk organik untuk menyuburkan tanaman
  3. Belilah produk daur ulang
  4. Bawa air minum dan makanan sendiri dari rumah, dan kurangi sampah makanan di lingkungan kita
  5. Hindari membakar sampah. Lebih baik kumpulkan dan buang ke tempat pembuangan akhir, untuk kemudian diolah kembali nanti
  6. Mulailah menggunakan kendaraan umum jika ingin berpergian


Itulah beberapa cara penanggulangan pencemaran udara yang bisa dilakukan di sekitar rumah kita. Mulailah menyadari diri sendiri, sebelum terlalu mengharapkan upaya orang lain ataupun pemerintah.

Jika bukan kita yang memulai, lantas siapa lagi?

Unknown

Sekian untuk pembahasan cara menanggulangi pencemaran udara di sekitar kita pada kesempatan ini. Semoga dengan banyaknya kesadaran kita dan seluruh orang di dunia, dapat memperbaiki masalah yang ada. Tetap jaga lingkungan, tetap lestarikan kehidupan.

Posting Komentar

Posting Komentar

Hai! senang bisa mendapat komentar darimu. 😊
Sok, kasih kritik maupun saranmu buat blog ini. Jangan nanggung, hajar aja!